Syaifullah Ajak Beradaptasi dan Fokus Rencana

Syaifullah Ajak Beradaptasi dan Fokus Rencana

PARINGIN - Plt Bupati Balangan, H Syaifullah menyampaikan agar terus belajar beradaptasi di saat pandemi, namun tetap fokus pada rencana dan tujuan yang ingin dicapai. 

Hal tersebut disampaikannya saat sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan teknokratik RPJMD tahun 2021 – 2024, bertempat di Ballroom Hotel G'Sign Banjarmasin.

Penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Balangan sendiri bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat, khususnya pusat penelitian kebijakan, pendidikan dan kebudayaan.

Syaifullah mengatakan, setiap kehidupan akan terus ada permasalahan yang dihadapi termasuk juga, permasalahan dalam pemerintahan dan pengelolaan daerah.

"Tahun ini, semua orang di muka bumi telah dipaksa belajar tentang kebiasaan baru. Termasuk kabupaten Balangan maka, jika tidak belajar dan beradaptasi dengan pandemi dan segala dampaknya ini, maka pengetahuan tidak akan lagi berguna untuk mengatasi permasalahan yang ada," tuturnya, Senin(30/11/2020).

Sebaliknya dalam pemerintahan baik itu peraturan-peraturan yang cepat berubah, baik dikembangkan atau pun benar-benar diubah, tentu karena ada situasi yang sudah berkembang jauh dan penanganan yang lebih baik lagi.

"Ketika kita sudah membuat rencana jangka panjang, atau jangka menengah, lalu terjadi perkembangan baru yang ternyata di luar antisipasi kita. Maka hal tersebut sangat penting untuk kita belajar berinovasi, atau setidaknya adaptasi, namun tetap fokus pada rencana dan tujuan yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

Demikian pula dengan aplikasi baru pada sistem perencanaan dan penganggaran. Bahkan dengan rencana pembangunan jangka menengah baru.

Keduanya sangat terkait erat, dan semua harus benar-benar bisa memahami arahnya, agar dalam melaksanakannya nanti tidak menyimpang ketidak tahuan atau ketidak mampuan menggunakan instrumen-instrumen yang disediakan.

"Untuk itu, sangat penting bagi kita dan semua aparatur pemerintah di lingkup Pemkab Balangan, untuk memahaminya. Tanggung jawab ini bukan hanya untuk karir atau percaya diri dalam jabatan, tetapi yang lebih besar dari itu adalah tanggung jawab terhadap masyarakat dan kemajuan daerah,” pungkasnya.[agus]
Lebih baru Lebih lama