Cek Kondisi Sekolah Pasca Banjir, Disdik Balangan sekaligus Baksos

PARINGIN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Balangan melakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) sekaligus mengecek serta mendata sekolah-sekolah yang terdampak pasca banjir, Jumat (22/1/2021).

Salah satu sekolah terdampak paling parah yakni SDN Muara Ninian, Kecamatan Juai Kabupaten Balangan.

Plt Kepala Disdik Balangan, Abdul Basyid mengatakan, dalam upaya tanggap bencana banjir di Balangan baik sebelum maupun pasca bencana, Disdik Balangan terus melakukan berbagai langkah mitigasi baik preventif maupun penanganan dan pemulihan pasca bencana.

"Dalam upaya tindak lanjut penanganan dan pemulihan sekolah-sekolah terdampak, Disdik Balangan kembali melaksanakan  kegiatan Bhakti Sosial aksi kebersihan sekaligus pengecekan dan pendataan sarpras," tuturnya.

Berdasarkan pantauan dan kegiatan baksos yang dilaksanakan Disdik secara langsung pihaknya, melihat dampak pasca  banjir di  SDN Muara Ninian yang menyebabkan beberapa kerusakan fisik dan berbagai sarana prasarana.

"Terlihat terkelupasnya halaman  sekolah yang berfungsi sebagai lapangan upacara dan olahraga, lantai-lantai ruang kelas juga mengalami kerusakan tergerus deras dan dalamnya air yang masuk membawa material lumpur," ujarnya.

Bahkan, tambahnya, terlihat  buku-buku pelajaran di perpustakaan sekolah sebagian besar tidak bisa dipergunakan lagi akibat robohnya rak-rak buku  diterjang arus banjir yang menurut kepala sekolah hampir sebatas dada orang dewasa.

"Untuk menanggulangi hal-hal tersebut Dinas Pendidikan akan segera mengambil langkah-langkah berupa perbaikan atau rehabilitasi sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan," jelas Basyid.

Selain itu, lanjut Basyid, penyediaan alat maupun sarana pembelajaran dan lain-lain yang dibutuhkan tidak hanya terbatas pada sekolah ini tapi semua sekolah yang terdampak mulai TK, SD hingga SMP.[agus]

Posting Komentar

0 Komentar