Dijadwalkan Februari Kotabaru Kebagian Vaksin Covid-19

KOTABARU - Jika tak ada aral lagi, Kabupaten Kotabaru bakal kebagian vaksin Covid-19 pada Februari nanti. Sebelumnya, Bumi Saijaan dijadwalkan menerima vaksin Sinovac pada Januari ini.

"Awalnya kita akan dijadwalkan menerima vaksin pada Januari, tetapi, setelah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI kita menerima pada tahap kedua bulan Februari," ungkap Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad, Rabu (13/1/2021). 

Ia menjelaskan, untuk jumlah vaksin yang akan didistribusikan ke Kotabaru pada Februari nanti sebanyak 2.960 vaksin dan akan dipriotitaskan terlebih dahulu untuk garda terdepan, yaitu tenaga kesehatan sesuai dengan anjuran dari pemerintah.

"Vaksin ini dinyatakan halal dan aman. Dari segi kesehatan tidak ada dampak, kecuali dengan orang yang ada penyakit bawaan," tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Hj Ernawati menambahkan, vaksin ini dilaksanakan sebanyak 4 tahap, dan pertama untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kotabaru dengan jumlah 1.674 vaksin.

Sebelum diberikan vaksin, akan dilakukan screning terlebih dahulu. Ada 16 poin yang harus diisi, apabila poin 1 sampai dengan poin 13 menyatakan ya, orang tersebut tidak jadi divaksin.

"Seperti apa yang diungkapkan oleh Sekda, vaksin ini sudah dinyatakan suci dan halal oleh MUI, dan juga sudah ada izin edar darurat dari BPOM. kami memohon kerja samanya, dan mari kita dukung bersama program pemerintah," pintanya.[zainuddin]

Posting Komentar

0 Komentar