Waspada Puncak La Nina, BPBD Tanbu Ingatkan Masyarakat

BATULICIN - Dalam beberapa hari terakhir, cuaca ekstrem terjadi di hampir semua wilayah di Kalimantan Selatan. Tak terkecuali di Kabupaten Tanah Bumbu. Hujan beserta angin kencang menjadi sesuatu yang harus diwaspadai.

Terkait kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada akan terjadinya musibah banjir, angin puting beliung hingga tanah longsor.

"Saay ini kita memasuki puncak-puncak La Nina, di mana suhu laut itu panas yang disebabkan mendung dan hujan deras," terang Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Bencana BPBD Tanbu, Abdul Rahim, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, La Nina ini sangat berpotensi terjadi hingga Februari 2021. Kondisi ini sangat berpotensi akan terjadinya banjir.

"Masyarakat harus waspada terjadi banjir, angin puting beliung dan tanah longsor," imbuhnya.

Rahim meminta masyarakat yang ada di daerah bantaran sungai selalu berhati-hati dengan kemungkinan terjadinya luapan sungai yang bisa diakibatkan oleh air laut pasang dan hujan deras di gunung, hingga terjadi banjir.

"Jadi kita tetap waspada, seperti di Sungai Kusan Kecamatan Kusan Hulu, Sungai Danau Kecamatan Satui dan sungai Batulicin yang berpotensi terjadinya banjir dipesisirnya," tutupnya.[joni]

Posting Komentar

0 Komentar