Gali Potensi Sawah, Bumdes Balida Bangun Wisata Jembatan Bambu

PARINGIN - Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan dibantu CSR PT. Adaro, Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan membangun wisata pasar budaya Racah Mampulang.

Wajah baru makin tampak indah dengan dibangunnya jembatan bambu sepanjang 350 meter di areal persawahan. Ke depan dibangun 9 sport selfie serta berbagai fasilitas lainnya.

Kepala Desa Balida, Sahridin mengatakan, pihaknya telah mengembangkan wisata pasar budaya, yakni jembatan bambu di areal persawahan  sepanjang 350 meter lebih.

"Kita telah memanfaatkan persawahan warga dengan membangun jembatan bambu di areal persawahan seluas 1,5 hektare dengan panjang  jembatan bambu yang dibangun 350 meter secara melingkar," tuturnya saat ditemui awak media, Selasa (9/2/2021).

Bahkan areal persawahan yang dimanfaatkan tersebut juga dibangun berbagai fasilitas, yakni 9 sport selfie setiap sudut jembatan, dan juga ada menara pantau, serta nantinya juga akan dibangun tempat-tempat yang memanjakan pengunjung.

"Untuk bahannya sendiri diambil dari alam. Untuk pengerjaannya dilakukan oleh warga Desa Balida sendiri, ada sekitar 8 orang pekerja perhari. Sementara pembangunannya sudah mencapai 60 persen, kita targetkan  tiga minggu kedepan bisa selesai," sebut Sahridin.

Ia mengharapkan dengan adanya wisata ini dapat dikelola dengan baik dan menghasilkan sumber ekonomi bagi masyarakat Desa Balida. Juga bisa menjadi desa percontohan dalam pengembangan Bumdes di Balangan.[agus]

Posting Komentar

0 Komentar