Petani Saka Lagun Panen 5 Ton Semangka

KUALA KAPUAS - Potensi budidaya jenis tanaman holtikultura buah semangka di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalteng punya prospek yang sangat menjanjikan. 

Kepala Desa Sakalagun, Julkifli, Rabu (10/2/2021) menuturkan 
untuk sekali panen buah yang kaya akan kandungan vitamin itu bisa mencapai 5 ton dari luasan lahan 2 hektare, dengan berat buah paling besar 8 hingga 12 kilogram.

"Di Desa Saka Lagun, budidaya semangka terdapat di Rt 7 dan Rt 8. 
Dimana di lokasi itu terdapat lahan tadah hujan dan setiap tahun dilakukan pengembangkan budidaya semangka," kata Julkifli.

Kali ini, lanjutnya, panen buah semangka di RT 7 kebun milik Abdul Hamid petani setempat.

Adapun untuk pemasaran semangka dari Desa Saka Lagun dikirim untuk dijual ke wilayah Kabupaten Kapuas, Kota Palangka Raya serta ke Banjarmasin, Kalimantan Selelatan.

"Dan di tahun 2021 ini Pemkab Kapuas melalui Dinas Pertanian akan membantu pengembangan budi daya semangka di Desa Saka Lagun," ungkap Kades.

Sementara, Muhammad Imron Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kapuas yang bertugas di wilayah itu menjelaskan, Desa Saka Lagun memiliki wilayah darat dataran tinggi type B-C.

"Sehingga cocok dikembangkan untuk buah dan sayuran termasuk semangka. Di Desa Saka Lagun Tiap tahun selalu eksis budidaya semangka," kata Imron.[zulkifli]

Posting Komentar

0 Komentar