Resmi, Abdul Hadi - Supiani Dilantik sebagai Bupati dan Wabup Balangan

BANJARMASIN - Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Balangan terpilih periode 2021-2024, H Abdul Hadi dan H Supiani resmi dilantik oleh Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Pelantikan keduanya bersamaan dengan empat kepala daerah terpilih lainnya di Kalimantan Selatan, Jumat (26/2/2021).

Secara simbolis, Abdul Hadi dan Supiani menandatangani SK Pelantikan. Beserta tiga Bupati lainnya plus satu Walikota Banjarbaru.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyampaikan amanat dari Kemendagri, Tito Karnavian, sekaligus membacakan sambutan dan memberikan arahan kepada para kepala daerah beserta wakilnya yang dilantik. 

"Selamat dan sukses kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih. Dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab sebagai kepala Daerah haruslah mengedepankan kepentingan masyarakat dan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945," tuturnya.

Selain itu, tambahnya, dalam mengemban tugas negara dan amanah rakyat bukan tugas yang mudah. Bahkan bisa dibilang penuh tantangan dan kesulitan serta kekurangan.  

"Saya percaya, dengan inovasi dan kreativitas kolaborasi dengan bersama seluruh pihak maka kesulitan bisa teratasi," ucapnya Sahrizal. 

Ia juga mengarahkan agar para kepala daerah yang sudah dilantik akan melanjutkan program percepatan pembangunan daerah. Di antaranya percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Kemudian pemulihan ekonomi, menjaga daya beli masyarakat dan memastikan ketersediaan makana pokok serta masalah sosial lainnya yang disebabkan pandemi. Selain itu perlunya memastikan kelancaran pelaksanan vaksin yang dipenuhi sesuai tahapan bahkan bila perlu lebih cepat. Serta penanganan bencana pasca banjir," terang Sahrizal.

Terpisah, Bupati Balangan, H Abdul Hadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Balangan serta para tim yang sudah berkecimpung dan mendukung Ia dan Wakil Bupati Balangan, Supiani secara penuh.

"Terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Balangan beserta seluruh tim atas dukungannya, selanjutnya sesuai arahan Pj Gubernur Kalsel. Khususnya tentang percepatan penanganan Covid-19 di Balangan," tuturnya.

Sejauh ini, pihaknya terus berupaya meminimalisir dan memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Balangan, bahkan Tim Satgas Covid-19 pun terus digerakan. 

Tak hanya itu, memasuki masa kepemimpinannya, Ia juga menyampaikan progres kerja 100 hari yang menjadi prioritas untuk pembangunan di Kabupaten Balangan.

"Sejumlah prioritas tersebut fokus pada pendidikan, kesehatan, dan efektifitas SDM serta pengembangan pariwisata di Balangan. Tentunya ini juga bekerja sama dengan Wakil Bupati Balangan, Supiani," sebutnya.

Ia juga menyampaikan berbagai progres kerja ke depannya, yakni pelaksanaan perampingan organisasi perangkat daerah SKPD sesuai kebutuhan agar tepat ukuran dan tepat fungsi. Kemudian mempersiapkan regulasi dan mekanisme program berobat gratis dengan ktp dan atau kartu keluarga. 

Selain itu mengkaji ulang regulasi dan mempersiapkan revisi Perbup terkait pengembalian tunjangan daerah bagi guru bersertifikasi. 

Ia juga mencanangkan kartu Balangan pintar bagi anak yang tidak mampu dan mencanangkan pembangunan istana anak yatim. Terakhir yakni membuat kebijakan melalui ajaran Bupati kepada SKPD dan pegawai untuk belanja kantor di dalam Kabupaten Balangan. 

"Tentunya apa yang kami janjikan kepada masyarakat, begitu pula tentang visi dan misi kami akan kami jalankan secara bertahap," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui pelantikan yang digelar merupakan penyelenggara kegiatan yang dilaksanakan pasca Pilkada serentak 2021 kemarin. Di mana ada tujuh Kabupaten dan Kota di Kalsel yang menggelar. 

Adapun kepala daerah beserta wakilnya yang dijadwal pelantikan hari ini yakni, Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin dan Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono. Kemudian Bupati Banjar, Saidi Mansur Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Al Habsyie. 

Kemudian Bupati Tanah Bumbu,  Zairullah Azhar Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli. Ada pula Bupati Balangan, Abdul Hadi, Wakil Bupati Balangan, Supiani. Serta Bupati Hulu Sungai Tengah, Aulia Oktaviani, Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, H Mansyah.  

Usai pelantikan kepala daerah dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP PKK kabupaten kota di wilayah Provinsi Kalsel.[martino]

Posting Komentar

0 Komentar