Tingkatkan Kualitas Petani dan PPL, DPR Apresiasi Bimtek KUB Kalbar

PONTIANAK – Maria Lestari, Anggota Komisi IV DPR RI mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian RI meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM pertanian melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Usaha Bersama bagi petani dan penyuluh Wilayah Kubu Raya, Kalimantan Barat. 

Kegiatan yang digelar 5 Februari 2021 di Hotel Golden Tulip Pontianak ini merupakan apresiasi bagi penyuluh dan petani sebagai ujung tombak sektor pertanian.

Ditemui usai melakukan pembukaan Bimtek KUB, Maria Lestari mengakui pentingnya Bimtek KUB bagi petani dan penyuluh seraya mengapresiasi upaya tiada henti Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menggelar Bimtek, di bawah koordinasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan dukungan teknis Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang.

Maria dalam paparannya menyampaikan, PDB Pertanian tumbuh sebesar 16,24 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sepanjang April-Juni (kuartal II) tahun 2020 sektor pertanian tumbuh sebesar 2,19 persen secara tahunan (year on year). Hal ini berarti PDB pertanian tumbuh 16,24 persen.

“Prestasi yang sangat baik di tengah kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Produktivitas pertanian khususnya tanaman pangan yang membaik adalah kunci kesuksesan ini," terang politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, membangun pertanian di wilayah masing-masing merupakan target untuk mencapai pertanian maju, mandiri dan modern. 

BPPSDMP menyusun perencanaan program memprioritaskan petani dan penyuluh sebagai penggerak inovatif, kreatif, profesional, mandiri, mampu bersaing, dan berwawasan global.

"Saat ini, para petani dan semua insan pertanian tetap turun ke lapangan meskipun di tengah pandemi Covid-19, sebagai wujud semangat dalam menjaga ketahanan pangan nasional," kata Dedi.

Bimtek bertema "Kelompok Usaha Bersama" yang digelar BBPP Binuang ini dikuti 80 peserta Bimtek dari seluruh Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. 

"Saya berharap dengan adanya Bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan ketrampilan dan sikap SDM pertanian dalam membangun kelompok usaha bersama dan mendorong SDM pertanian untuk mendapat prioritas dalam penyusunan perencanaan kelompok usaha bersama,” pungkas Maria.[rilis]

Posting Komentar

0 Komentar