Balangan Wacanakan Perda Magrib Mengaji

Balangan Wacanakan Perda Magrib Mengaji

PARINGIN - Tradisi mengaji dan membaca Alquran di masjid dan mushola setiap habis magrib  telah menjadi kebiasaan dan bahkan menjadi budaya umat Islam di Indonesia, termasuk di Kabupaten Balangan sejak lama.

Namun seiring perkembangan zaman yang kian maju, membuat kebiasaan dan budaya mengaji dan membaca Alquran habis magrib mulai ditinggalkan kaum muda dan anak-anak zaman sekarang.

Hal tersebut menjadi sebuah pemikiran Pemerintah Kabupaten Balangan dalam merencanakan adanya Peraturan Daerah terkait mewajibkan mengaji dan membaca Alquran habis magrib. 

Bupati Balangan, H Abdul Hadi mengatakan, pihaknya akan mengkaji dan mempertimbangkan atas usulan Perda terkait mengaji dan membaca Alquran habis magrib di Kabupaten Balangan.

"Kita akan melakukan pengkajian dan pertimbangkan, atas masukan tentang usulan Perda habis magrib mengaji dan membaca Alquran," ujarnya Abdul Hadi saat ditemui awak media usai pembuakaan MTQ Ke-14 tingkat Kabupaten Balangan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Batumandi, Jumat (5/3/2021).

Selain itu, Ia menyampaikan nantinya Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemkab Balangan akan melakukan kajian-kajian akademik terkait usulan Perda habis magrib mengaji dan membaca Alquran di Kabupaten Balangan.

"Setelah dilakukannya kajian-kajian akademik terkait usulan Perda habis magrib mengaji dan membaca Alquran, selanjutnya nantinya akan, diusulkan ke DPRD Balangan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Balangan, Muhammad Yamani mengatakan, perkembangan media massa pada saat ini telah melahirkan pergeseran nilai kegiatan mengaji di mushola dan masjid. Banyak anak-anak sekarang beralih kegiatan dari menonton televisi hingga ke warung internet.

"Untuk menjawab kondisi perubahan dan pergeseran zaman tersebut diperlukan upaya, solusi dan langkah konstruktif untuk menghidupkan dan mengembalikan sebuah teradisi habis magrib mengaji," sebutnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh umat Islam di Balangan, untuk mendukungan kegiatan habis magrib mengaji dan membaca Alquran. Sebab tanpa dukungan semua pihak tidak akan berjalan baik.[agus]
Lebih baru Lebih lama