Barbershop Terbaik di Dunia Ada di Negara Kita?

Blessed Barber Studio di El Paso, Texas, AS, salah satu barbershop terbaik di dunia versi situs Influence Digest. | Foto: Blessed.

SITUS influencedigest.com sekitar empat tahun lalu (2017) merilis 10 barbershop terbaik di dunia. Tak dijelaskan apa saja kriterianya, sehingga barbershop-barbershop tadi disebut sebagai yang terbaik.

Bisa jadi karena si penulis memang pernah datang dan bercukur di tempat-tempat itu. Lalu dari situ, ia membandingkan pelayanan dan hasil cukur yang didapat.

Sebelum menyebut semua barbershop yang dinilai "terbaik" itu, hanya tertulis sebaris kalimat begini: "Kalau potong rambut di salah satu dari tempat-tempat cukur ini, kalian bukan cuma potong rambut. Itu sebuah pengalaman."

Kata "pengalaman" (experience) di situ, mungkin bermakna "sensasi", "wow", dan semacamnya.

Kesepuluh barbershop terbaik versi Influence Digest itu meliputi: #10 CELEBRITY, Kolombia, #9 HUMBLE, Pulau Prince Edward, Kanada, #8 ABSOLUTE, Quebec, Kanada, #7 DUBLIN BARBER, Irlandia, #6 DEEPCUTS, Singapura, #5 DIRTY RAZOR, Cordoba, Argentina, #4 BARBER, Amsterdam, Belanda, #3 BLIND, New York, AS, #2 BLESSED, El Paso, Texas, AS.

Model sekaligus aktor Mike Lewis, salah satu pelanggan setia Bali Barber.

Lalu, barbershop mana yang jadi peringkat #1? 

SUBHANALLAH, ternyata ada di negara kita, tepatnya di Pulau Bali. Ia adalah BALI BARBER yang beralamat di Jalan Basangkasa No 8X, Seminyak. Ia juga punya studio di kawasan Sanur.

Bali Barber didirikan oleh Desmond Koval, orang asli New York, AS. Ketika berkunjung ke Bali di tahun 2012, ia sempat kesulitan menemukan tempat untuk cukur rambut. 

(Mungkin maksudnya, tempat potong rambut yang sesuai dengan selera dia. Soalnya kalau sekadar cukur saja, tentu dimana-mana ada.)

Dari situlah naluri bisnis Koval meronta-ronta. Maka dibikinlah Barber Bali.

Kalau kita buka situs barbershop ini, balibarber.com, memang pantas ia disebut sebagai yang terbaik. Baru buka website-nya saja, sudah akan terasa suasana "classic American"nya.

(Ornamen bergaya Amerika klasik berupa tulisan dan foto hitam putih yang dipigura, kerap terpajang di barbershop-barbershop pada umumnya.)

Influence Digest yang bikin tulisan itu juga kaget sendiri. Dia berkata, "Siapa sangka barbershop berkelas dunia ternyata justru ada di sebuah pulau eksotik di kawasan Pasifik Selatan?"

Lalu ia sambung kalimatnya: "Kalau mereka (Barber Bali) bilang merekalah yang terbaik, memang kenyataannya begitu!'

Jadi penasaran. Se-istimewa apa sih barbershop ini?

Desmond Koval, big boss Bali Barber.

TERNYATA, Bali Barber menyediakan servis yang bukan hanya komplit. Tapi sangat komplit. 

Untuk potong rambut, tinggal sebut model yang diinginkan. Mau yang ala Indonesia, gaya Amerika, atau yang aneh-aneh sekalipun. Mereka bisa semua. 

Pelanggan juga bisa mendapatkan layanan men's waxing, spa, manicure dan pedicure, pijat, dreadlock alias gimbal rambut, hair tattoo, mascara, dan banyak lagi.

Tarifnya, mulai beberapa puluh ribu sampai ratusan ribu rupiah. Tergantung pelanggan maunya apa.

Bali Barber tidak hanya melayani konsumen di lokasi usaha. Mereka menerima panggilan, baik untuk perorangan maupun kelompok. 

Bahkan, ada pula layanan khusus untuk pensiunan serta kaum manula.

Selain melalui website, informasi lebih lengkap mengenai Bali Barber bisa didapat melalui akun Instagram mereka, @balibarber.[sahrudin]