Tetap Disiplin Prokes, Masyarakat Kapuas Diminta Bersabar Tunggu Tahapan Vaksinasi

KUALA KAPUAS - Masyarakat diminta untuk bersabar menunggu giliran mendapatkan vaksin Covid-19. Pasalnya, vaksinasi dilakukan dalam beberapa tahapa kerena mempertimbangkan ketersediaan, waktu kedatangan hingga profil keamanan vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas melalui Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Try Setyautami, Senin (12/4/2021) menyampaikan, untuk kategori masyarakat umum masih belum ditentukan jadwal kapan akan divaksinasi, saat ini masih fokus untuk vaksinasi bagi petugas pelayanan publik dan kelompok lanjut usia.

“Untuk solusinya yang belum mendapat giliran agar bersabar, karena ada kelompok-kelompok yang lebih diprioritaskan dan yang paling utama adalah tetap ketat dengan protokol kesehatan," imbau Try.

Bagi yang sudah menerima suntik vaksin harus tetap disiplin dengan protokol kesehatan.

"Karena vaksinasi hanya salah satu upaya saja, tetapi tidak bisa lepas dari upaya lainnya untuk pencegahan,” terangnya.

Selain itu, dia menekankan untuk langkah ke depan agar memenuhi target yang sudah ditentukan yaitu, semuanya tergantung dari vaksin yang diberikan.

Ditandaskannya, upaya pencegahan protokol kesehatan tidak bisa ditawar-tawar, baik bagi yang belum maupun yang sudah divaksinasi.

Kemudian jangan ragu dengan vaksin apabila siap divaksinasi saat vaksinnya siap atau mencukupi.

“Saya mengimbau agar jangan dengarkan berita-berita hoaks, ikuti dari sumber terpercaya dan vaksinasi tidak membatalkan puasa karena sudah ada fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)," tutupnya.[tommy/adv]