Lagi, Pemkab Balangan Raih WTP

Lagi, Pemkab Balangan Raih WTP

BANJARBARU - Pemerintah Kabupaten Balangan kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap pengelolaan keuangannya dari Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) Republik Indonesia.

Prestasi ini menjadi yang kedelapan kalinya sejak tahun 2014 hingga 2021 ini.

Opini WTP kedelapan dari BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Tahun anggaran 2020, diumumkan Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel, M Ali Asyhar usai menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Balangan kepada Bupati Balangan, H Abdul Hadi.

Dalam penyerahan ini, Jumat (28/5/2021), Abdul Hadi didampingi Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan, Plt Inspektor Balangan H Sutikno dan Kepala BKD Balangan, H Tamrin.

Abdul Hadi mengaku bersyukur telah menerima Laporan Hasil Pemeriksa Keuangan LKPD Tahun 2020 dari Kepala BPK RI kepada DPRD dan Pemkab Balangan.

“Banyak hal yang telah kita capai termasuk hari ini BPK RI Perwakilan Kalsel telah memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke delapan kalinya. Kami bersyukur hasil kinerja seluruh OPD di lingkungan Pemkab Balangan telah mendekati standar akuntansi pemerintahan sehingga diberikan opini itu,” ujarnya.

Dikatakannya, opini yang diterima hari ini adalah motivasi untuk berbuat lebih baik lagi dan bekerja sesuai standar-standar yang telah ditentukan pemerintah.

Ia juga mengingat apa yang disampaikan BPK saat mereka melakukan pembinaan di Balangan, bahwa opini yang diterima harus berkorelasi dengan 4 indikator utama.

”Indikator yang perlu diperhatikan, yakni terus berupaya menekan angka kemiskinan, meningkatkan indeks pembangunan manusia, gini ratio, dan menekan angka pengangguran terbuka, sehingga semua rupiah diarahkan untuk mencapai 4 indikator itu, sehingga opini WTP yang diterima berkorelasi dengan sesuatu yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan tingkat kesejahteraan masyarakat akan bisa lebih baik lagi,” papar Bupati.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel, M Ali Asyhar menyampaikan, predikat WTP merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh pemerintah daerah.

Dan pada kesempatan ini Ia mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten Balangan  yang meraih dan mempertahankan WTP untuk tahun 2021 ini.

“Kami mengucapkan selamat kepada Kabupaten Balanga atas capaian Opini WTP kedelapan kali, dan yang surprise hari ini adalah penyerahan laporan hasil pemeriksaan yang pertama kali di wilayah Provinsi Kalsel," tuturnya.

Di samping itu, sambungnya, capaian-capaian pengelolaan keuangan di Pemkab Balangan menunjukkan peningkatan kualitas.

“Jadi kami memberikan Opini WTP dengan indikator-indikator yang sudah ada, yaitu 4 kriteria apakah laporan keuangan sudah sesuai dengan standar,” ungkapnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel berharap capaian-capaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depan.[martino]


Lebih baru Lebih lama