Proyeksi Pusat Pembelajaran, BBPP Binuang Siapkan BPP se-Sekadau

BBPP Binuang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau melaksanakan Pelatihan Manajerial BPP bagi penyuluh pertanian. Pelatihan yang diikuti 30 peserta dari 7 BPP (Kostratani) di Kabupaten Sekadau, 24 hingga 26 Mei 2021 ini dilangsungkan di Gedung Mess Pemda Kabupaten Sekadau. 

Keseriusan dan perhatian pembangunan pertanian, khususnya Kostratani dibuktikan kehadiran Bupati Aron SH bersama Ketua Penggerak PKK Kabupaten Sekadau. 

"Beliau langsung memotivasi dan memberikan arahan kepada peserta," ungkap Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si.

Motivasi diberikan Bupati Aron agar para penyuluh aktif berkiprah dan mengembangkan BPP Kostratani, sehingga memudahkan usaha pertanian secara kompetitif dengan dukungan teknologi, fasilitasi sarana produksi dan akses pasar secara online.

"Jika dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para peserta, tentu akan membantu mewujudkan percepatan peningkatan pendapatan petani," tegas Aron yang sekaligus sebagai Ketua Kostrada.

Pendamping Fasilitator/ Widyaiswara BBPP Binuang, Budiono
mengungkapkan, peserta pelatihan menerima materi tentang kebijakan Kostratani, Kostratani sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian, Pusat Data/Informasi, pusat pembelajaran, pusat klinik agribisnis, pusat jejaring kemitraan dan kapita selekta. 

Peserta menerima bengkal manajemen yang didukung inovasi teknologi dalam materi kapita selekta untuk memperkuat khazanah teknologi penyuluh dalam memberikan layanan sebagai pusat pembelajaran, dan pusat konsultasi agribisnis, baik saat  menerapkan dalam bentuk demonstrasi cara dan hasil pada tingkat plot, area, dan unit; Kursus Tani dan Sekolah Lapang (SL).

"Sehingga mampu memberikan kontribusi bagi peserta dalam mewujudkan percepatan peningkatan pendapatan petani binaan para penyuluh pertanian,” papar Budiono yang juga Koordinator Akademik Pelatihan ini.

Sabaruddin, salah satu peserta dari BPP Sekadau Hilir mengungkapkn rasa senang dan ingin tahu. Ia mengaku akan menerapkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan, dan mengucapkan terima kasih telah diberi kesempatan oleh BBPP Binuang dengan mengikuti pelatihan manajerial BPP Kostratani Angkatan III.

"Banyak ilmu, informasi dan banyak hal baru yang didengar," imbuhnya.

Adi Widiyanto, Widyaiswara BBPP Binuang menambahkan, upaya menjadikan BPP sebagai pusat pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan layanan kepada masyarakat tani dalam hal mendapatkan informasi pengetahuan, teknologi, motivasi kewirausahaan, dan sikap perilaku yang lebih bijak dalam mengembangkan diri dan usaha taninya.[rilis]

 

Posting Komentar

0 Komentar