Masa Pendemi, MAN Raih Prestasi di Olimpiade Matematika Online Brichsmath.com+

KUALA KAPUAS - Kendati di masa pandemi Covid-19, tak menyurutkan langkah peserta didik dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas, untuk menorehkan prestasi.

Kali ini dalam ajang Bricsmath.Com+ Kompetisi Matematika Internasional Online tahun 2020, yang digelar oleh lembaga platform pendidikan online dragonlearn.org.

Sebanyak 114 Peserta Didik (Pesdik) MAN Kapuas ikuti BRICHMATH.Com Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Platform Pendidikan Online Dragonlear.org dengan dukungan Rumah Belajar dan Kementerian Agama, dari tanggal 16 November hingga 20 Desember 2020 lalu.

Partisipasi pada kompetisi matematika internasional Brichmath.com ini menjadikan MAN Kapuas masuk 10 besar untuk kategori sekolah paling aktif dengan jumlah peserta terbanyak dan Lima orang peserta didik meraih skor maksimum, atas capaian ini MAN Kapuas mendapat undangan untuk mengikuti Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh panitia, Jum’at, 21 Mei 2021.

Kompetisi matematika secara online di masa pandemic covid-19 diselenggarakan secara gratis untuk siswa kelas 1 hingga kelas 12. 

Kompetisi berskala internasional ini diikuti lebih dari 5 juta siswa dari berbagai negara, yang bertujuan untuk menumbuhkan minat siswa terhadap Matematika, mengembangkan keterampilan berpikir secara logis serta menyatukan siswa-siswi dari negara lain.

Sukarsih selaku guru pembimbing, Rabu (26/5/2021) mengatakan, pelaksanaan kompetisi baru saja diumumkan, alhasil keikutsertaan MAN Kapuas membuahkan prestasi.

"Keikutsertaan pesdik MAN Kapuas dalam kompetisi Matematika ini sebagai bentuk menumbuhkan kemampuan dan  kreatifitas dalam memecahkan masalah," ujarnya.

Karena soal-soal yang diberikan dalam bentuk game/permainan.

“Soal-soal dalam bentuk game/permainan sangat menarik minat siswa untuk mengikuti kompetisi BRICHMATH ini. Secara tidak langsung mereka diajak untuk berpikir logis, mengasah kemampuan dan kreatifitas, sehingga menjadikan belajar matematika sangat meng asyikan dan mudah,” ucap Sukarsih.

Sementara itu, Kepala MAN Kapuas, Ahmad Mulyadi sangat mendukung dan mengapresiasi capaian siswa-siswinya di kompetisi matematika ini.

“Alhamdulillah walaupun baru pertama kali MAN Kapuas mengikuti kompetisi BRICHMATH sudah ada hasil yang membanggakan.Tentu ini menjadi motivasi dan acuan bagi siswa-siswi untuk lebih giatlagi dalam belajar dan berfikir luas. Saya berharap Siswa-Siswi bias terus mengikuti kompetisi ini,” ungkap Ahmad Mulyadi

Diketahui lima pesdik MAN Kapuas yang berhasil meraih predikat sebagai Pemenang dengan nilai membanggakan dalam Kompetisi Internasional Online BRICHMATH.COM+ yakni Siti Rahmah kelas XI IPA 1, Hafijhatinnisa kelas XI IPA 2, Muhammad Syahid kelas XI IPA 2, Munawaroh kelas X IPA 3 dan Siti Rahmah kelas X IPA 2. 

Untuk diketahui, bricsmath.com+ adalah olimpiade Matematika online internasional yang mempertemukan anak-anak dari 7 negara.

Tujuan utama Kompetisi ini adalah untuk mengembangkan keterampilan logika siswa, memperluas pemikiran mereka, dan membantu mereka lebih memahami konsep dasar yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan nyata.[red]


Posting Komentar

0 Komentar