Air Terjun Tersembunyi di Pedalaman Hutan Kalimantan Nan Eksotis

BAGI kalian yang memiliki hobi berpetualang di alam dan mengunjungi destinasi-destinasi tersembunyi di pedalaman hutan serta menikmati sejuk dan rindang hutan Kalimantan, salah satu yang direkomendasikan adalah air terjun Batarius yang terletak di jajanang anak Desa Sawang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Selain mendapatkan pemandangan alam nan indah dengan ditutupi rimbunnya hutan perawan Kalimantan dan pepohonan khas pegunungan seperti pohon Ulin dan lain-lain, kalian juga akan disuguhi trek yang cukup ekstrim dan menantang yang tentunya disukai bagi para pecinta olahraga ekstrim.

Kelebihan lain dari perjalanan menuju air terjun batarius yang bisa didapat adalah kalian juga bisa berinteraksi serta bercengkrama dengan warga asli Dayak halong yang tinggal di pedalam, bahkan kalian juga bisa menginap di rumah mereka.

Dalam perjalanan menuju air terjun batarius kalian juga akan Melewati sungai-sungai dangkal berbatu nan jernih, bahkan saking jernihnya kalian bisa melihat ikan-ikan khas pedalaman yaitu ikan jelawat yang apabila di masak dagingnya memiliki rasa manis tanpa perlu bumbu tambahan.

Jangan takut kekurangan air karena aliran air sungai di sana dapat di minum langsung yang tentunya terasa segar dan kalian akan merasakan sensasi minum langsung dari sumber air pegunungan asli.

Tidak masalah bagi laki-laki maupun perempuan yang ingin merasakan berpetualang di alam menuju air terjun batarius  karena di sana juga ada guide lokal yang siap memandu perjalan kalian.

Bagi kalian yang ingin berpetualang tapi malas untuk membawa barang seperti logistik dan lain-lain jangan takut, di sana juga disediakan porter lokal. Selain memudahkan perjalan, kalian juga ikut berkontribusi dalam peningkatan perekonomian warga di sana.

Wisata ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari desa sawang sampai ke objek wisata air terjun batarius dengan memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam berjalan kaki melewati hutan dan sungai di dalam hutan kabupaten Balangan.

Ketika berkunjung ke air terjun batarius belum lengkap rasanya apabila di perjalanan kalian tidak bertemu hewan penghisap darah yaitu Pacet atau lintah, dengan adanya hewan ini maka menandakan bahwa hutan balangan masih sangat terjaga.

Jadi bagi para wisatawan yang ingin menyambangi air terjun batarius sebaiknya membawa losion anti nyamuk atau tembakau sebagai pengusir Pacet atau lintah yang menempel di bagian tubuh.

Air terjun batarius memiliki tinggi sekitar 30 meter dan lebar sekitar 10 sampai 15 meter yang menjadi pembeda air terjun ini dari air terjun lain yang ada di Balangan.

Apabila berkunjung ke Batarius bertepatan dengan musim buah, kalian akan bisa merasakan buah buahan khas pegunungan seperti buah malawin sejenis buah durian pegunungan, lahong, maritam dan buah khas pegunungan lainnya.

Jadi tunggu apa lagi, mari berkunjung ke Kabupaten Balangan dengan banyaknya objek wisatanya.[martino]


Posting Komentar

0 Komentar