Disbudpora Kapuas Dorong Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif UMKM

KUALA KAPUAS - Dinas Kebudayaan Pariwisata  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas (Disbudpora) mendorong pengembangan usaha ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh pelaku usaha di Kabupaten Kapuas.

Kasi Kepariwisataan Disbudpora Kapuas,  Erliansyah, Kamis (22/7/2021) mengatakan, baru-baru ini pihaknya telah menyambangi  mitra pariwisata ke Rumah Purun Dzakira milik Ibu Rusmaidah Saja  di Perumnas Pulau Telo Jalan Nuri II Kuala Kapuas.

Purun adalah salah satu tanaman yang biasa tumbuh liar di dekat air atau rawa gambut adalah. Tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kerajinan.

"Rumah Purun Dzakira ini merupakan Mitra Pariwisata sebagai salah satu pusat kerajinan tangan dari bahan Purun," kata Erliansyah.

Menurutnya, kerajinan dari Purun yang diolah Rumah Purun Dzakira tersebut 
dikombinasi dengan kain perca dan kain benang bintik dihiasi sedemikian rupa mempercantik bentuk kerajinannya

"Sehingga kerajinan ini tampak berbeda dari kerjinan yang sama di tempat lain," imbuh Erli sapaan familiarnya.

Selain itu dijelaskannya, Dzakira Produktion juga menjual kerajian dari bahan rotan dan eceng gondok dalam bentuk tas, dompet dan aksesoris lainnya yang sangat variatif dengan tampilan  elegan, harga terjangkau untuk semua kalangan dan mutu serta desainnya super high class.

"Tim Kepariwisataan jemput bola  memberikan dukungan kepada pelaku usaha pariwisata ekonomi kreatif dan UMKM dalam pengembangan kemitraan dan pengembangan pemasaran pariwisata," tutup Erli.[adv]


Posting Komentar

0 Komentar