Tangani Kasus ODGJ di Balangan, Sri Huryati Harapkan Sinergitas Pihak Terkait

PARINGIN - Ketua TP-PKK Kabupaten Balangan, Hj Sri Huryati Hadi menggelar rapat bersama Dinsos, DinKes dan Dinas PMD Balangan di Aula Rumah Dinas Bupati Balangan, Rabu (21/7/2021). Rapat membahas penanganan kasus ODGJ di Balangan.

Sri mengatakan, rapat yang dilaksanakan kali ini bertujuan untuk membahas kasus ODGJ yang berada di Balangan.

"Rapat kami ini, Kita duduk bersama-sama untuk membahas Kasus-kasus ODGJ di Kabupaten Balangan," ungkapnya.

Untuk saat ini yang menjadi prioritas adalah ODGJ yang masih dalam pasungan, dikarenakan tindakan itu merupakan sebuah pelanggaran HAM.

"Prioritas utama kita adalah untuk pasien ODGJ yang terpasung, yang mana dia bisa bebas dari pasungan tersebut," ujar wanita yang akrab disapa Bunda Sri ini.

Istri orang nomor satu di Balangan ini berharap ke depannya untuk penanganan ODGJ di Balangan, semakin intens dengan diadakannya kader desa yang bertugas khusus untuk menangani kasus ODGJ di setiap kecamatan dan desa yang memiliki pasien ODGJ dalam pasungan.

"Kita berharap kedepannya akan ada kader desa yang menangani pasien ODGJ dalam pasungan," harapnya.

Terpisah, Kasi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Lansia dari Dinas Sosial, Akhmad Ridjani menyampaikan, Dinsos akan selalu siap bersama-sama menangani kasus ODGJ di Balangan.

"Dinsos selalu siap menanggani kasus ODGJ yang mana perlu di rehab, kita akan coba untuk merehab mereka," ungkapnya.

Dari Dinas Kesehatan Kasi PTM dan Keswa, Ahmad Mahdi menyampaikan, dari Dinkes sendiri juga ikut bersinergi bersama dinas terkait untuk menangani kasus ODGJ di Balangan.

"Secepatnya kami dari Dinkes akan bergerak sesuai dengan arahan ibu ketua tersebut," pungkasnya.[martino/adv]

Posting Komentar

0 Komentar