Komplit, Balangan bakal Memiliki Kantor Imigrasi dan Lapas

PARINGIN - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturahmi dengan Bupati Balangan, H Abdul Hadi di ruang kerja Bupati Balangan, Rabu (30/6/2021).

Ini dilakukan untuk membahas keterkaitan rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Kantor Keimigrasian di Kabupaten Balangan.

Abdul Hadi menyampaikan, untuk lokasi yang direncanakan oleh Pemkab Balangan untuk pembangunan Lapas di Balangan adalah di Kecamatan Batumandi.

"Kita juga akan mengecek lahan yang rencananya bakal di bangun Lapas yang berada di kecamatan Batumandi," ujarnya.

Orang nomor satu di Balangan ini menambahkan, untuk Kantor Keimigrasian sendiri ada 2 tempat yang akan ditinjau untuk dijadikan Kantor Keimigrasian, yaitu Bangunan Eslewan dan kantor Dinas Koperasi.

"Tanah dan bangunan yang ada itu insya Allah akan kita hibahkan," jelasnya.

Abdul Hadi juga menambahkan, tujuan dari keberadaan Kantor Keimigrasian ini sendiri agar masyarakat Banua Anam dan sekitarnya khususnya kabupaten Balangan bisa lebih dekat dan mudah dalam mengurus paspor dan lain-lain. 

"Paling tidak kita mendekatkan untuk membuat paspor bagi warga balangan dan supaya warga Banua Anam dan sekitarnya datang ke Balangan dalam rangka berurusan ke kantor Keimigrasian yang ada di Balangan," tambahnya.

Tejo Harwanto, Kepala Kantor wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan mengatakan, ini merupakan kunjungan balasan karena sebelumnya Bupati Balangan sudah datang ke kantor wilayah Kemkumham di Banjarmasin.

"Saya sampaikan terima kasih kepada bapak bupati, Ini kunjungan balasan jadi pak bupati datang dulu  ke kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan yang ada di Banjarmasin," ujarnya.

Tejo menambahkan, untuk kantor Keimigrasian yang akan ada di Balangan nanti bukan sekedar untuk membuat paspor, tetapi juga dokumen seluruh Keimigrasian seperti membuat paspor, izin tinggal lalu ada pengawasan untuk orang asing yang tinggal di Balangan.

"Tetapi nanti yang akan di bangun di Balangan adalah dokumen seluruh Keimigrasian," tambahnya.

Menurut Tejo, nanti dengan adanya Lapas dan kantor Keimigrasian Balangan akan jadi kabupaten yang komplit  karena memiliki institusi kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan kantor Keimigrasian.

"Jadi komplit Kabupaten Balangan, ada institusi Hukum dan HAM ada Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan ditambah dengan imigrasi jadi layak kiranya membangun Kabupaten Balangan jadi lebih baik lagi," jelasnya.[martino]


Posting Komentar

0 Komentar