Produk UMKM Balangan Mulai Merambah Pasar Retail Modern

PARINGIN - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Balangan terus mengalami perkembangan. Ini terbukti saat beberapa produk lokal UMKM masuk di pasar retail modern.

Salah satunya pelaku UMKM di Kecamatan Awayan, Maskur yang memproduksi gula semut mengatakan, produk UMKM nya telah berhasil masuki di beberapa pasar retail modern di Kabupaten Balangan.

"Kita telah memproduksi gula semut, yang terus kita kembangkan dan terus berkomitmen untuk bisa bersaing dengan produk yang ada di retail modern," ujarnya saat ditemui awak media dalam acara launching produk UMKM di Kecamatan Paringin, Rabu (30/6/2021).

Ia mengungkapkan, sejak 2012 Ia telah mengembangkan usahanya hingga saat ini, bisa masuk di beberapa pasar retail modern yang ada di Kabupaten Balangan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas UMKM, Koperasi dan Perindustrian Pemkab Balangan, H Samsul Hidayat menyampaikan, pihaknya akan terus berusaha untuk mengembangkan produk UMKM di Kabupaten Balangan agar bisa memasuki pasar retail modern.

"Kita juga akan terus kembangkan UMKM di Balangan, salah satunya dengan  memberikan pembinaan serta berbagai bimbingan lainnya," tuturnya.

Bahkan hingga kini ada 8 produk UMKM Balangan yang telah masuk dalam pasar retail modern. Selanjutnya akan ada 12 produk UMKM lagi yang diajukan masuk dalam retail modern.

"Tentunya kita berharap UMKM Balangan bisa terus bisa mengembangkan produk lokalnya  dan mampu bersaing dengan produk lainnya," pungkasnya.[martino]


Posting Komentar

0 Komentar