Trend Positif IDM Kapuas Kini Sudah Tidak Ada Desa Sangat Tertinggal

KUALA KAPUAS - Secara umum Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Kapuas telah mengalami perkembangan yang menggembirakan dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai gambaran bahwa pada IDM tahun 2019 Kabupaten Kapuas telah keluar dari status tertinggal naik menjadi berkembang, kemudian telah muncul satu desa dengan status mandiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Yanmarto SH MH, Sabtu (3/7/2021) mengatakan, trend positif ini juga terus berlanjut di pengukuran IDM Tahun 2020 yang baru selesaikan.

"Dimana Kabupaten Kapuas sudah berhasil meniadakan desa dengan status Sangat Tertinggal. Mayoritas Desa sudah mencapai status Berkembang," ujarnya.

Pihaknya berharap trend ini akan terus berlanjut, tentunya dengan dukungan pemerintah, stakeholder terkait dan masyarakat.

"Dengan kerja keras dari komponen secara berjenjang," kata Yanmarto.

Ditambahkannya, DPMD Kapuas telah melaksanakan penandatangangan dan serah terima berita acara IDM tersebut.

Adapun hasil pengukuran IDM pada  2019/2020 di Kabupaten Kapuas adalah, jumlah Desa Sangat Tertinggal dari 7 desa menjadi 0 desa.

Jumlah Desa Tertinggal  dari 104 menjadi 84 desa. Jumlah Desa Berkembang semula 94 desa menjadi 119 desa. Jumlah Desa Maju dari 8 Desa menjadi 10 desa, sedangkan jumlah Desa Mandiri masih tetap 1 desa.[adv]


Posting Komentar

0 Komentar