BPN Balangan Siap Terbitkan 5000 Sertifikat Gratis kepada Warga Balangan

PARINGIN - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Balangan siap menerbitkan 5000 sertifikat tanah gratis kepada warga Masyarakat Kabupaten Balangan.

Kepala Kantor BPN Balangan, melalui kasi pengukuran Erwin Triansyah mengatakan, sertifikasi tanah tersebut adalah hasil yang diterbitkan kantor BPN Kabupaten Balangan.

"Insya Allah pada tahun 2021 ini bisa tercapai 5000 sertifikat," ungkapnya, Rabu (18/8/2021).

Menurutnya, sebanyak 4600 sertifikat telah diselesaikan dan ini merupakan program PTSL. Dalam program ini targetnya sampai tahun 2025 semua bidang tanah di Kabupaten Balangan bisa tersertifikatkan semuanya dengan gratis.

Erwin mengatakan, sertifikat yang diterima masyarakat bisa digunakan sebagai bukti kepastian hukum kepemilikan tanah. Selain itu, sebagaimana yang disampaikan oleh presiden bisa jadi satu syarat modal usaha.

Menurut Erwin, program sertifikat tanah gratis ini akan diselesaikan pada 2021 ini  dengan target 5000 bidang tanah dan 4600 sudah direalisasikan .

Pada tahun 2020 lalu warga Desa Lasung Batu, Ahmad yang menerima sertifikat menyampaikan rasa syukurnya terhadap pemerintah dalam hal ini diwakili oleh BPN Kabupaten Balangan, karena telah mempermudah masyarakat untuk memiliki sertifikat tanah secara gratis.

"Alhamdulillah saya mendapatkan sertifikat tanah jenis kebun karet secara gratis. Kalau dulu ada ongkos jalan, sekarang gratis sama sekali, serta program ini sangat membantu saya dan warga lainnya," ucap Ahmad.

Dengan terealisasinya program sertifikat gratis ini diharapkan pada tahun ini untuk Kecamatan Lampihong, Juai dan Awayan bisa diselesaikan.

"Adapun harapan kami BPN Balangan semua masyarakat mendapatkan sertifikat gratis dari bantuan pemerintah baik dari biaya maupun mandiri," tegas erwin.[adv/martino]


Posting Komentar

0 Komentar