Melalui Program READSI, Kementan Hibahkan Bantuan IT pada BBPP Binuang

RURAL Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (READSI) adalah program yang berada di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan). 

Tujuan jangka panjang READSI adalah meningkatkan kesejahteraan keluarga tani miskin di wilayah sasaran program. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, program READSI memberikan kesempatan kepada setiap petani untuk terus maju dan berkembang dalam meningkatkan kesejahteraannya. 

“Kementerian Pertanian teurs berupaya meningkatkan kompetensi dan kapasitas SDM pertanian melalui pelatihan yang terstruktur, sistematis dan masif, karena perkembangan pertanian sangat dinamis. SDM pertanian adalah penentu peningkatan produktivitas, kontribusinya 50%. Sementara inovasi teknologi dan regulasi masing-masing 25%,” jelasnya. 

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan, salah satu program yang ada di BPPSDMP yaitu READSI, di mana bertujuan untuk menyiapkan SDM pertanian yang berkompeten menghadapi tantangan dan perubahan cepat pada era revolusi industri 4.0. 

“Karenanya secara masif kami menyelenggarakan pelatihan berbasis online bagi para SDM pertanian di wilayah program READSI,” ungkapnya.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan pelatihan, Program READSI memberikan hibah dukungan sarana pelatihan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Pertanian lingkup BPPSDMP Kementan. 

Pemberian sarana pelatihan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2021, bertempat di Hotel Santika BSD City Tanggerang. 

Turut hadir saat penyerahan bantuan sarana pelatihan, Kepala BPPSDMP, Prof Dr Dedi Nursyamsi M.Agr didampingi Sekretaris BPSDMP, Dr Ir Siti Munifah M.Si, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Dr Ir Leli Nuryati M.Si. 

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian menyerahkan sarana IT untuk mendukung pelatihan online di seluruh UPT Pelatihan Pertanian dengan anggaran yang bersumber dari Program READSI. 

Bentuk bantuan yang diberikan berupa; Samsung Televisi QLED 75 Inch, Logitech Logitech Group, Logotech Expansion Mic For Group, Primatech A15P750UW active Multi speaker, Primatech WCS 4OU Wireless Microphone.

Kemudian, Brite Kabel HDMI, 7) Libec Tripod Libec Type 650EX, 8) PC All in one HP All-in-One Proone 400 G6333VSPA, Sony A7 III (Bodi+Lensa Zoom 28-70MM), Primatech Zed24 Audio Mixer, Braket TV.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam kesempatannya menyampaikan pihaknya akan terus bekerja secara maksimal untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian.

"BBPP Binuang tidak akan pernah berhenti memberikan ilmu di bidang pertanian," pungkas Yulia.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar