Rp10 juta akan Diberikan kepada Warga yang Rumahnya Rusak Akibat Banjir

PARINGIN - Dikarenakan masih berlangsungnya penerapan PPKM Level 3 di Balangan, berdampak terhadap penyerahan bantuan dana untuk rehab rumah terdampak banjir. 

Dikonfirmasi Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love, Kamis (12/8/2021) mengatakan, sebenarnya secara administrasi ataupun kelengkapan berkas penerima sudah hampir rampung tinggal penyerahannya saja lagi. 

"Direncanakan akan diawali dengan secara simbolis penyerahannya oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi. Namun dikarenakan saat ini masih penerapan PPKM Level 3 sehingga ditunda, direncanakan penyaluran secara simbolis akan dilaksanakan jika sudah selesai PPKM," ujarnya. 

Ditundanya kegiatan penyerahan bantuan tersebut, ujar Alive untuk menghindari adanya kerumunan saat acara berlangsung. 

Dana bantuan yang diberikan oleh BNPB berkisar Rp5.170.000.000. Uang tersebut nantinya akan disalurkan secara langsung kepada pemilik rumah yang terdampak banjir. 

Lebih lanjut, uang yang diberikan kepada warga yang rumahnya terdampak banjir akan dikirimkan langsung ke nomor rekening warga tanpa melalui perantara. Tentunya, pemanfaatannya pun hanya diperbolehkan untuk perbaikan bangunan. 

Dana ini akan sangat membantu warga yang rumahnya rusak ringan akibat banjir kemarin, masing-masing nantinya akan menerima Rp10.000.000. 

Lebih lanjut Alive mengungkapkan, 517 buah rumah yang menerima bantuan, tersebar di 43 desa dengan tujuh kecamatan. 

Untuk Kecamatan Lampihong yang menerima bantuan ini sebanyak 120 rumah, Paringin 34 rumah, Paringin Selatan 39 rumah, Tebing Tinggi 60 rumah, Awayan 36 rumah, Juai 208 rumah, dan Halong 20 rumah.[adv/martino]

Posting Komentar

0 Komentar