Pulpis Siap Mengekplorasi Potensi Unggulan Daerah

Ditunjuk sebagai lokasi program Food Estate, Kabupaten Pulang Pisau pun menyatakan siap mengeksplorasi unggulan daerah.| foto : manan

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) bersedia untuk mengekplorasi potensi unggulan daerah, terkhusus di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

Itu disampaikan langsung oleh Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang kepada sejumlah awak media, Selasa (5/10/2021).

"Kita siap mengekplorasi potensi unggulan yang ada di daerah kita ini," ucapnya.

Kesiapan Pemkab Pulang Pisau terkait hal tersebut, karena daerah (Pulpis) merupakan salah satu lokasi yang ditunjuk pemerintah pusat sebagai wilayah ketahanan pangan nasional atau food estate.

"Ini tentu sebuah penghargaan bagi kabupaten kita untuk mengekplorasi berbagai potensi unggulan daerah yang selama ini belum dikelola dengan maksimal," ucap Bupati yang belum lama tadi mengunjungi salah satu kawasan program Food Estate di Desa Mulyasari, Kecamatan Pandih Batu.

Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau itu mengungkapkan, atas kepercayaan yang diamanahkan pemerintah pusat ini tentu wajib direalisasikan.

"Ini juga guna menyelaraskan arah dan kebijakan berdasarkan visi misi Bapak Presiden dan Wakil Presiden RI, yang diantaranya terkait Program Ketahanan Pangan Nasional atau Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Taty, pihaknya berharap kepada seluruh instrumen yang ada dapat menterjemahkan program dan kegiatan agar dapat berintegrasi mendukung program nasional tersebut.

"Kita juga menyadari saat ini Pemkab Pulpis keterbatasan anggaran, ditambah adanya refocusing anggaran yang diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi nasional, perlindungan sosial, dan dampak lainnya dari Pandemi Covid-19," bebernya. 

Menyikapi semua itu, tambah Taty,  tentunya memerlukan langkah strategis untuk mencari formula terbaik, mengingat ada peluang yang dapat diraih melalui sumber-sumber lainnya yang diantaranya dengan membangun komunikasi efektif, baik bersama pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng maupun pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang saat ini telah kita bangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang infrastruktur, Kementrian Pertanian, Kementrian Perikanan dan Kelautan, Kementrian Lingkungan Hidup, dan pihak Swasta serta dunia usaha lainnya.

"Guna menyelaraskan arah dan sasaran pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kita mengajak mengajak seluruh stakeholder yang ada bersama kepakan sayap k membangun daerah ini untuk mewujudkan Pulang Pisau maju, berkeadilan dan kesejahteraan masyarakat," pesannya.

Dirinya, Bupati perempuan pertama di Kabupaten Pulang Pisau ini juga memiliki harapan dimasa pemerintahannya akan terwujud desa-desa unggulan yang kedepan dapat dijadikan sebagai penyangga pusat ketahanan pangan, baik kawasan Minapolitan, Agropolitan dan kawasan industri dengan prioritas utama terbukanya lapangan kerja, pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya di sekitar lokasi Food Estate.

"Optimis merupakan spirit bagi saya untuk memulai langkah setelah ditunjuk sebagai Bupati Pulang Pisau disisa waktu ini untuk menyelesaikan visi misi Pemkab Pulpis periode   2018-2023," pungkasnya.[manan]

Posting Komentar

0 Komentar