Peduli Kondisi Jalan Rusak, Warga Paju Epat Lakukan Ini

PERBAIKAN secara swadaya dilakukan warga di Paju Epat.| foto : kenedy

TAMIANG LAYANG - Peduli dan prihatin melihat kondisi jalan rusak di beberapa titik ruas jalan dari Kota Tamiang Layang menuju beberapa desa di Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur (Bartim) Kalimantan Tengah (Kalteng), warga yang tergabung dalam Solidaritas Pakat Paju Epat (SP 24) ini melakukan perbaikan secara swadaya.

Tokoh pemuda Paju Epat, Masmo kepada media ini menjelaskan, perbaikan jalan yang dilakukan tersebut sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian dengan kondisi jalan yang rusak dan terbilang cukup parah di beberapa titik.

"Ini bentuk kepedulian kami sebagai warga yang sangat prihatin dengan kondisi jalan dari Kota Tamiang Layang menuju ke beberapa Desa di Kecamatan Paju Epat ini," ucapnya, Rabu (24/11/2021).

Diuraikannya, perbaikan jalan tersebut berdasarkan inisiatif para pemuda dan warga Kecamatan Paju Epat yang turut membantu menyalurkan dana untuk membeli material. 

"Selain sebagai jalan utama bagi masyarakat Paju Epat menuju ibukota Kabupaten Barito Timur yakni Kota Tamiang Layang, jalan ini juga digunakan atau dilalui para tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan pegawai Kecamatan Paju Epat yang berdomisili di wilayah Tamiang Layang. Oleh karena itu banyak warga yang mendukung perbaikan jalan yang kita lakukan ini," ungkapnya.

Dijelaskan, untuk alat berat pihaknya meminjam alat berat milik perusahaan di wilayah Paju Epat melalui permohonan tertulis dalam bentuk proposal. 

Ia dan warga lainnya berharap agar Pemprov Kalteng maupun Pemkab Bartim peduli terhadap kondisi jalan yang rusak agar bisa segera diperbaiki melaui Aggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sehingga ruas jalan tersebut layak dan nyaman untuk dilalui. 

"Kondisi saat ini selain rusak dan berlubang. Apalagi pada saat hujan, lubang tersebut tergenang air pada lubang dan menjadi becek sehingga membahayakan bagi pengguna jalan," tuturnya.

Disebutkan, untuk saat ini ada beberapa titik yang pihaknyanya perbaiki, yakni antara Desa Telang menuju Desa Murutuwu, namun pihaknya tetap berupaya melakukan patungan lagi untuk memperbaiki beberapa titik lagi semampunya sesuai dana yang terkumpul dan tetap berharap kepada Pemerintah untuk mempebaiki ruas jalan Tamiang Layang menuju wilayah Paju Epat. 

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga menyampaikan kepada perusahaan-perusahaan yang armadanya melintas melalui jalan ini lebih mementingkan kondisi jalan dengan tidak terlalu membawa beban berat, setidaknya sesuai Surat Perintah Kerja (SPK) atau kontrak kerja.

"Kita melakukan kegiatan perbaikan jalan ini juga didukung oleh Kepala Desa yang ada di wilayah Paju Epat dan masyarakat setempat," tandasnya.[van]


Posting Komentar

0 Komentar