Siaga Nataru, Polres Tanbu Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan

BATULICIN - Kesiapsiagaan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) ditunjukkan Polres Tanah Bumbu dengan menggelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Intan Tahun 2021, Kamis (23/12/2021) di halaman Mapolres Tanbu.

Operasi ini mengusung tema “Melalui Gelar Pasukan Operasi Lilin Intan 2021 Kita Tingkatkan Sinergisitas Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022″.

Operasi dijalankan selama 10 hari, mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli yang bertindak sebagai Inspektur upacara membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Iq menyampaikan, apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021.

Ini, lanjut Rusli, dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.

Menurutnya, perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Rusli memaparkan, peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 selama 15 hari, mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis.

Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional serta tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 Pos Pengamanan.

Ini untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas. Juga 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan lain-lain.

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih saat dikonfirmasi mengatakan,  menyambut Nataru, Polres Tanah Bumbu  dan jajaran menyiapkan sebanyak 5 pos keamanan dan personel yang terlibat 165 orang dibantu stakeholder lainnya.

Himawan menjelaskan, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat.

"Jadi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," pungkas Himawan.

Di ujung apel gelar pasukan, Kapolres menerima penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang diserahkan wakil Bupati Tanah Bumbu, HM Rusli. Penghargaan ini terkait kecepatan penanganan vaksinasi Covid-19 di Bumi Bersujud.

Dapat diketahui acara ini juga dihadiri perwakilan Kodim 1022 dan Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu, Pengadilan Negeri Tanah Bumbu, Dan Pos AL Batulicin, dan Pejabat Utama Polres Tanah Bumbu.[joni]