Solusi Ekosistem Sekolah di Kalsel, Telkomsel Launching Platform Skul.id

Solusi Ekosistem Sekolah di Kalsel, Telkomsel Launching Platform Skul.id

DALAM upaya memperkuat ekosistem digital dan memberikan solusi di masa pembelajaran saat ini, Telkomsel terus membuka peluang penerapan teknologi digital pada sektor pendidikan dengan menghadirkan platform Skul.id di Kalimantan Selatan. 

Peluncuran platform ini digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pada Rabu 22 Desember 2021.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan, Drs Muhammad Yusuf Effendi M.AP dan Manager Branch Telkomsel Banjarmasin, Asrianto Bakri Sitti.

Platform Skul.id diimplementasikan pada sekolah tingkat SMA/SMK sederajat di Kalimantan Selatan. Ini merupakan kolaborasi Telkomsel bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.

 Secara bertahap dimulai dari proses registrasi di sekolah-sekolah, sosialisasi kepada guru dan tenaga pendidik hingga kemudian penggunaan platform Skul.id di sekolah-sekolah tersebut.

Platform penunjang pendidikan ini memiliki berbagai informasi dari absensi online, pembayaran SPP, kelas online, kuis online, nilai dan lainnya yang dapat dipantau secara berkala oleh siswa, guru, orangtua, dan admin sekolah yang memudahkan sinergi antara pihak terkait. 

Seluruh fitur yang ada di Skul.id gratis dan disusun untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Skul.id juga dapat digunakan untuk smartphone berbasis Android dan IOS, juga dapat di akses melakui webpage untuk memudahkan penggunakan dimanapun pengguna berada.

Manager Branch Telkomsel Banjarmasin Asrianto Bakri Sitti mengatakan, era literasi digital saat ini disusul dengan kondisi sistem pembelajaran secara daring dalam beberapa tahun terakhir yang kemudian menghadirkan pengembangan aplikasi untuk menunjang akselerasi proses belajar mengajar di sekolah.

"Peran Telkomsel untuk terus mendukung sektor pendidikan serta membangun infrastruktur sehingga memperoleh akses internet yang terhubung dengan beragam aplikasi, salah satunya platform Skul.id. Dengan jaringan broadband Telkomsel yang melayani wilayah Kalimantan Selatan saat ini sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses video streaming serta platform penunjang pendidikan,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan, Drs Muhammad Yusuf Effendi M.AP mengapresiasi dan mendukung hadirnya platform Skul.id dari Telkomsel di Kalimantan Selatan. 

“Harapan kami platform ini dapat memberikan manfaat dan mempermudah sekolah dalam proses absensi, kelas virtual, proses upload nilai, pengumuman ujian dan fitur-fitur lain yang mendukung ekosistem sekolah. Selanjutnya kami meminta Telkomsel bisa membantu secara maksimal sosialisasi di sekolah-sekolah yang akan mengimplementasikan platform Skul.id ini," tuturnya.

Pada kesempatan ini, Telkomsel juga memperkenalkan broadband solution sebagai penunjang pendidikan melalui Telkomsel Orbit layanan internet rumah yang menggunakan perangkat modem WiFi dengan kualitas jaringan selular terbaik, serta paket data yang bisa Anda gunakan tanpa perlu berlangganan sehingga memberikan fleksibilitas solusi daring.

“Telkomsel melihat antusias masyarakat dalam mengadopsi layanan broadband dan digital di Kalimantan Selatan ini, selaras dengan platform digital Skul.id yang kami hadirkan. Telkomsel berkomitmen terus menghadirkan layanan dan jaringan yang handal untuk mendukung penerapan ekosistem digital yang lancar,” tutup Asrianto.[iqbal/rilis]


Lebih baru Lebih lama