Disbudpora Kapuas Launching Pusat Oleh-Oleh dan Jajanan Ekraf UMKM

LAUNCHING pusat oleh-oleh dan jajanan kue, kerajinan Ekraf UMKM di Jalan Melati Kuala Kapuas.| foto : hmskmfkps

KUALA KAPUAS - Keragaman  cita rasa oleh-oleh khas daerah, kekayaan kuliner, termasuk oleh-oleh cindra mata dapat menjadi daya tarik tersendiri selain beragam destinasi wisata alam.

Didorong hal itu Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas, Kalteng melaunching pusat oleh-oleh jajanan kue dan kerajinan ekonomi kreatif (Ekraf) serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang berlokasi di kawasan Jalan Melati, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas, resmi dilauncing pada Senin, 17 Januari 2022.

Kepala Disbudpora Kapuas, H Suparman melalui Kepala Bidang Kebudayaan Agusthe Andreas Nuah menyampaikan sebelumnya pusat atau tempat penjualan oleh-oleh  khas dari Kapuas, masih belum ada tempat yang khusus.

“Dengan telah diresmikannya pusat oleh-oleh ini, agar nantinya dapat berkembang sehingga tidak hanya masyarakat sekitar Kapuas saja, tetapi juga warga dari kabupaten lain yang ingin singgah di Kabupaten Kapuas,” ujarnya, Selasa (18/1/2022).

Sementara Koordinator UMKM Erliansyah menyampaikan kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari para pelaku ekonomi kreatif yang telah berkolaborasi bersama Disbudpora untuk menyiapkan wadah atau tempat menampung semua kerajinan di Kapuas.

“Mohon dukungan dan kerja sama semua pihak, mudah-mudahan UMKM ini bisa terus bergerak maju serta berkembang di Kabupaten Kapuas Kalimantan tengah,” pungkasnya.[tommy]