Kotabaru bakal Buka Jalur Tol Laut Lintas Provinsi

Kotabaru bakal Buka Jalur Tol Laut Lintas Provinsi

TOL laut lintas pesisir di Kalimantan dan Sulawesi mulai digagas di Balikpapan.| foto : zainuddin

KOTABARU – Untuk mewujudkan program Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten Kotabaru akan membuka jalur transportasi tol laut lintas provinsi dan Kabupaten. Tol ini bakal melibatkan tiga kabupaten, dua kota, serta empat provinsi.

Rencana ini diinisiasi Pemkab Kotabaru dan dibahas melalui tiga pemerintah daerah di Aula Balaikota Balikpapan, Selasa (11/1/2022).

Pertemuan dihadiri Bupati Kotabaru (Kalimantan Selatan), Sayed Jafar, Bupati Barru (Sulawesi Selatan) Suardi Saleh, dan Walikota Balikpapan (Kalimantan Timur) Rahmad Mas’ud, 

Bupati Sayed mengatakan, kerjasama tersebut merupakan wujud program Pemerintah Pusat untuk membuka jalur tol laut dengan rute Kotabaru, Barru, Mamuju, dan Bontang, serta Balikpapan.

"Yang mana dengan terhubungnya antar provinsi dan kabupaten, nantinya membuka konektivitas pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, seperti perdagangan, pertanian, peternakan dan sektor pariwisata," jelas Sayed.

Untuk itu, lanjut Sayed, kapal laut yang akan beroperasi berkapasitas 2.500 penumpang dan 450 unit kendaraan. Ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terlebih lagi Kota Balikpapan merupakan penyangga Ibu Kota Negara.

Dikatakannya, Kotabaru, Balikpapan, Bontang dan Barru adalah sebagai daerah pesisir yang memiliki hubungan emosional cukup erat. Ini karena cukup banyak warga suku Bugis bermukim di daerah tersebut.

Dengan demikian, berkaitan kekeluargaan yang sudah pasti untuk mempererat hubungan mereka antar kabupaten/kota dengan adanya sarana transportasi yang mudah dan murah.

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang menanggapi hal tersebut menyebutkan, Kota Balikpapan akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara tentu sangat membutuhkan pasokan di bidang pangan, khususnya ayam dan daging sapi.

"Dan saat ini kami juga sedang berencana membuka usaha penerbangan antara Kota Balikpapan dengan kota-kota lain di Kalimantan, khususnya Kotabaru dan Sulawesi," ujar Rahmad.

Senada, Bupati Barru, Suardi Saleh juga menawarkan pelayanan di sektor pertanian dan peternakan sebagai potensi pemasok unggulan di Kalimantan.

"Alhamdulillah Bupati Kotabaru Sayed Jafar siap untuk menyuplai di sektor perikanan dan potensi bidang pariwisata yang sangat beragam," kata Suardi.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama