Menuju Kabupaten Baru, Tim Percepatan CDOB TKL Gencarkan Sosialisasi

TUNTUTAN pembentukan kabupaten baru semakin menggema di sebagian wilayah di Kabupaten Kotabaru.| foto : syarifah

KOTABARU - Sosialisasi pembentukan kabupaten baru bernama Tanah Kambatang Lima (TKL) terus digencarkan Tim Percepatan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) TKL. 

Kali ini, Sabtu (29/1/2022), tim yang diketuai legislator Kotabaru, Rabbiansyah, melakukan sosialisasi di Desa Tarjun. Sosialisasi turut dihadiri pejabat BPD Tarjun, RT, tokoh agama, tokoh serta masyarakat Desa Tarjun.

Di momen ini, BPD Tarjun menegaskan siap melanjutkan perjuangan untuk pemekaran CDOB TKL. Mereka juga siap menandatangani surat persetujuan pemekaran CDOB TKL.

Pada kesempatan ini juga, Korcam Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Ketut Winarta Hadi meminta kepada Kepala Desa (Kades) untuk menandatangani dukungan pemekaran CDOB TKL.

Sementara itu, Ketua CDOB TKL, Rabbiansyah meyakinkan masyarakat jika pemekaran di  daerah mereka sangat perlu untuk pemerataan pembangunan.

"Pemerintah kita tidak bisa mengcover pembangunan, karena daerah Kabupaten Kotabaru terlalu luas sehingga pembangunan tidak merata," terang Rabbiansyah.

Anggota DPRD Kotabaru ini berjanji mengupayakan percepatan turunnya Tim Kajian Teknis untuk bisa melakukan kajian di daerah yang akan dimekarkan. Ini sebagai salah satu syarat untuk pemekaran daerah seperti diamanatkan Undang-undang.

Tampak kondisi jalan dan jembatan di daerah pedalaman CDOB TKL sangat memprihatinkan. Akibatnya, akses masuk ke daerah tersebut sangat sulit untuk membawa sembako serta hasil bumi.[syarifah]