Lomba Mancing di Wisata Watu Tanjung, Panitia Donasikan Rp70 Juta untuk Amal

MEMANCING sambil beramal menjadi tajuk lomba yang dilangsungkan di lokasi wisata Watu Tanjung.| foto : joni

BATULICIN - Ratusan peserta tampak antusias mengikuti lomba memancing sambil beramal yang digelar di lokasi wisata Watu Tanjung, Desa Sumber Wangi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Minggu (20/2/2022).

Event dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Yulian Herawati.

Bukan sekedar mengenalkan destinasi wisata Watu Tanjung, lomba ini juga bertujuan untuk mengumpulkan dana buat pembangunan masjid dan mushalla.

Kepala Desa Sumber Wangi, M Suryani mengungkapkan, lomba memancing sambil beramal ini sekaligus menjadi momen pembukaan tempat pariwisata yang ada di desanya. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Yulian Herawati dan Camat Karang Bintang, Kapolsek, serta salah satu anggota DPRD Tanbu," tuturnya.

Senada, Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Yulian Herawati menyebut tujuan diadakannya lomba memancing di desa ini adalah untuk sambil beramal dalam melakukan pembangunan masjid dan mushalla.

"Mereka juga punya danau yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata dan untuk budidaya perikanan," imbuh Yulian.

Di luar agenda lomba, lanjutnya, danau tersebut digunakan sebagai kawasan budidaya. Ada beberapa potensi yang diperoleh di danau ini.

"Potensi danau ini, berwisata bisa meningkatkan PAD dari sektor perikanan juga. Jadi kami dari Dinas Perikanan sangat mendukung, dan kalau tidak salah di tahun 2020 kita pernah membantu 30 ribu bibit ikan dengan keramba," bebernya.

Menurutnya, potensi danau ini sangat membantu Dinas Perikanan dalam mengembangkan dan meningkatkan perikanan.

"Kami harapkan desa-desa lain bisa mencontoh Desa Sumber Wangi, mereka sangat aktif dan inovatif untuk mengembangkan desanya," imbau Yulian.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Muslihudin menjelaskan, untuk sesi dua tujuan pertama untuk mengenalkan wisata Watu Tanjung.

"Keduanya, kita sambil beramal dalam pembangunan Masjid Nurul Hidayah dan Mushalla Al Baroqah, dari pendapatan tiket 50 persen dari pendaftaran lomba mancing sekitar Rp150 ribu," terangnya.

Panitia, sambungnya, juga mengucapkan terima kasih kepada semua klub yang ada di Tanah Bumbu dan Kotabaru serta Kintab yang ikut memeriahkan event mancing sambil beramal ini.

"Jadi atas dukungan semuanya target kita hampir tercapai, tentunya ini menjadi rasa syukur kita sehingga kita bisa donasi sekitar Rp70 juta untuk pembangunan Masjid dan Mushalla," tutupnya.[joni]