Waspada Musim Pancaroba, Ada Banyak Kemungkinan Bisa Terjadi !!


BUNTOK – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan (Barsel) Alip Suraya mengimbau agar masyarakat selalu waspada dengan musim pancaroba saat ini. Pasalnya, akan ada banyak kemungkinan yang bakal terjadi, salah satunya terjadinya kebakaran lahan.

Alip Suraya mengatakan, terjadinya kebakaran lahan seringkali menimbulkan hot spot atau titik panas, yang akhirnya menimbulkan dampak negatif berupa kabut asap, serta dapat merembet ke pemukiman penduduk. 

“Ini tidak boleh dibiarkan, karena musim pancaroba bisa menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan,” terangnya Minggu 20 Februari 2022. 

Menurut Alip Suraya, kendati Kabupaten Barsel minim dengan hot spot, namun BPBD tidak akan tinggal diam dan tetap melaksanakan pemantauan di beberapa titik di wilayah setempat. Sebab, kata dia, kebakaran kecil seringkali terjadi di beberapa lahan maupun semak-semak yang berada di pinggir jalan negara, tepatnya di kawasan Desa Pamait Kecamatan Dusun Selatan. 

"Kawasan itu berpotensi terjadinya kebakaran, yang memicu timbulnya kabut asap dan mengganggu arus lalu lintas,” terangnya. 

Alip Suraya kembali berharap sekaligus mengimbau, supaya masyarakat tetap waspada dan tidak melaksanakan pembakaran lahan dengan sengaja. 

"Apabila ingin membuka lahan, seharusnya dapat dilaksanakan dengan pembukaan lahan yang terawasi dan berwawasan lingkungan,” pintanya mengakhiri.[adv]