Resmikan Gedung Museum, Bupati Zairullah: Juga Bisa Menjadi Pusat Kegiatan Budaya

Resmikan Gedung Museum, Bupati Zairullah: Juga Bisa Menjadi Pusat Kegiatan Budaya

BUPATI Tanbu, HM Zairullah Azhar meresmikan Gedung Museum 7 Februari di Pagatan.| foto : humas

BATULICIN – Masyarakat Bumi Bersujud kini bisa mempelajari sekaligus mengetahui sejarah perjalanan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. Ini seiring telah diresmikannya Gedung Museum 7 Februari di Kota Pagatan.

Peresmian yang ditandai dengan pemukulan gong serta pemotongan tumpeng ini dilakukan langsung Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, Rabu (16/2/2022).

Zairullah mengatakan, selain menjadi museum yang memajang benda bersejarah, gedung itu juga sebagai pusat kegiatan budaya.

"Sebagai sebuah bangsa, daerah atau wilayah, nilai budaya yang dipegang teguh menjadi sebuah ciri dalam menampilkan sebuah peradaban," jelasnya.

Menurut Zairullah, Tanah Bumbu patut bersyukur memiliki lembaga adat yang bukan sekedar melestarikan budaya, namun mampu mengejawantahkan nilai-nilai budaya yang diwariskan, nilai integritas dan kepercayaan hingga tercermin dalam aspek kehidupan.

Karena itu, Zairullah meminta untuk menjaga nilai-nilai tersebut dan berkomitmen menjaga peninggalan sejarah sebagai momentum perjalanan daerah dari semenjak lahirnya Tanah Bumbu sampai masa yang akan datang.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Hamaluddin Taher menambahkan, museum itu akan menjadi tempat mengumpulkan bukti sejarah Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia berharap bantuan dari semua pihak terkait keberadaan barang-barang yang memiliki nilai sejarah bagi Tanah Bumbu untuk dapat ditampilkan di museum tersebut.

Selain museum, lanjutnya, gedung itu akan digunakan sebagai Sekretariat Lembaga Adat Ade Ogi.[joni]


Lebih baru Lebih lama