Air Bersih PDAM Tanbu bakal Mengalir hingga Pelosok Desa

PDAM Bumi Bersujud akan melakukan pelayanan air bersih ke desa-desa di 12 kecamatan.| foto : joni

BATULICIN - Keinginan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), HM Zairullah Azhar agar air ledeng mengalir hingga ke pelosok desa segera terealisasi. Ini seiring adanya Instalasi Pengolahan Air (IPA) Instalasi Kota Kecamatan (IKK) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bersujud.

IPA IKK milik PDAM Bersujud ini bahkan sudah ada di 12 Kecamatan di Bumi Bersujud. Alhasil, pelayanan air bersih sebagai kebutuhan dasar pun, dipastikan menjangkau ke setiap desa di Tanbu.

Plt Direktur PDAM Tanbu, H Abdul Hafiz, Jumat (11/3/2022) mengatakan, PDAM Bersujud sudah memiliki instalasi pengolahan air bersih di 12 Kecamatan. Bahkan kini sudah ada sebagian desa-desa yang teraliri air bersih.

Menurut Hafiz, memang masih afa sebagian desa yang belum teraliri air PDAM. Namun hal itu dikarenakan belum adanya pipanisasi dan sarana distribusi air bersihnya.

Hafiz mengungkapkan, di tahun 2022 ini PDAM Bumi Bersujud mendapatkan Dana Alokasi Khusus alias DAK melalui Dinas PUPR, tepatnya di Bidang Cipta Karya. Bantuan ini untuk penambahan pipa di 3 kecamatan, seperti Kecamatan Mentewe, Sungai Loban dan Angsana.

Ia menambahkan, pelayanan air bersih yang bakal memasuki desa-desa di setiap Kecamatan ini, tentunya sesuai dengan keinginan Bupati yang juga mendapat dukungan DPRD Tanbu.

"Jadi ini juga sesuai keinginan Bupati Tanah Bumbu, abah dr H Zairullah Azhar bahwa PDAM dapat melayani air bersih ke desa-desa, dan ini juga adanya dorongan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu," pungkasnya.[joni]