Cari Wakil ke Tingkat Provinsi, DPMD Tanbu Nilai Desa dan Kelurahan

Cari Wakil ke Tingkat Provinsi, DPMD Tanbu Nilai Desa dan Kelurahan

TIM PENILAI Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Tanbu melakukan penilaian Lomba Desa di Desa Kerta Buwana dan Desa Mustika.| foto : joni

BATULICIN - Lomba Desa dan Kelurahan 2022 bertema "Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi masyarakat Tumbuh" digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. 

Kegiatan ini didasari Amanat Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Setidaknya dalam setiap hari ada 2 kecamatan yang dikunjungi Tim Penilaian Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten.

Memasuki hari ketiga, Rabu (23/3/2022) ini, Tim Penilai menyambangi dua desa, yakni Desa Kerta Buwana di Kecamatan Sungai Loban, serta Desa Mustika di Kecamatan Kuranji.

Penilaian langsung dipimpin Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir, di mana beliau juga selaku Ketua Tim Penilai Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten.

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar dalam sambutannya yang disampaikan Samsir mengatakan, ada beberapa maksud dan tujuan dilaksanakannya lomba Desa dan Kelurahan.

Pertama; mendorong kompetisi positif dan sportif Pemerintah Desa dan Kelurahan untuk meningkatkan motivasi bagi desa dan kelurahan, serta melakukan inovasi dalam menyelenggarakan Pemerintahan desa dan kelurahan.

Kedua; mengevaluasi serta menilai tugas pokok dan fungsi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan dan mengetahui capaian desa dan kelurahan selama waktu satu tahun untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di desa dan kelurahan.

Ketiga; Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah mengapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada pemerintah desa dan kelurahan atas prestasi yang dicapai dalam mewujudkan kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan desa dan kelurahan.

Kemudian, desa dan kelurahan agar mampu menggali potensi desa melalui pengembangan ekonomi,  meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberdayakan Lembaga Ketahanan Desa dan Kelurahan sesuai regulasi yang sudah ada. 

"Dua desa yang dinilai Tim Kabupaten hari ini semuanya cukup baik dari segi administrasi maupun implementasinya," jelas Samsir.

Menurut mantan Camat Sungai Loban dan Camat Kuranji ini, desa atau kelurahan yang dinilai terbaik, nanti direkomendasikan mewakili Tanbu mengikuti lomba di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Desa atau kelurahan selanjutnya yang akan dinilai ada di Kecamatan Kusan Hilir, seperti Kelurahan Kota Pagatan, dan Desa Rantau Panjang Hilir. Kemudian di Kecamatan Simpang Empat, tepatnta Kelurahan Kampung Baru dan Mekarsari.

Selanjutnya ke Kecamatan Batulicin  ada Kelurahan Batulicin dan Desa Kersik Putih. Di Kecamatan Angsana ada Desa Banjarsari, dan di Kecamatan Satui penilaian dilakukan untuk Desa Sungai Cuka.[joni]


Lebih baru Lebih lama