Peduli Kaum Dhuafa, Siswa SMP Almazaya Tebar Makanan dan Sembako

MEMAKNAI momen Jumat Berkah, murid SMP Almazaya Islamic School berbagi makanan dan sembako kepada masyarakat dan anak yatim.| foto : istimewa

BANJARMASIN - Mengajarkan anak untuk berahlak dan berbagi tak melulu melalui teori. Perlu praktik agar anak dapat merasakan pengalaman lewat aksi sosial.

Aksi itu lah yang kemudian dilakukan oleh siswa-siswi SMP Almazaya Islamic School Banjarmasin. Mereka membagikan nasi kotak dan sembako berisi bahan pokok untuk orang-orang tidak mampu dan anak yatim di Banjarmasin.

Ketua Osis SMP Almazaya Islamic School, Muhammad Alvaro mengatakan, kegitan tersebut sebagai simbol kebersamaan dan sekaligus kesempatan berbagai di hari Jumat pertama di Bulan Syaban. Bulan yang juga diistimewakan oleh Rasulullah. 

"Ini merupakan inisiatif kita. Setiap Jumat kita membuka sumbangan di kelas-kelas, uangnya kita kumpulkan dan dibelikan sembako dan nasi kotak," kata Avaro, Jumat (4/3/2022).

Ia berharap aski sosial ini dapat membagi lebih banyak makanan dan sembako pada masyarakat kurang mampu.

Sedikitnya ada 50 kotak nasi yang dibagikan untuk masyarakat disekitaran mesjid Sabilal Muhtadin. Nasi itu dibagikan oleh para pengurus osis SMP Almazaya beserta pembina osis.

Salah satu siswi yang ikut berbagi ialah Saylla Almira Syarif. Ia menceritakan pengalaman pertamanya berbagi langsung pada orang-orang yang membutuhkan.

"Senang sekali, ini pengalaman pertama," ungkap putri sulung Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin ini.

Siswi yang menjuarai Pusat Kejuaraan Sains Nasional (Puskanas) belum lama tadi ini berharap yang mereka bagi dapat  bermanfaat untuk masyarakat.

Selain berbagi untuk masyarakat di pinggiran jalan, bantuan sembako juga disalurkan untuk panti asuhan yang lokasinya tak jauh dari sekolah.

Dua karung beras dan sejumlah baham pangan pun disumbangkan di Yayasan Yatim dan Dhaafa Pejuang Mulia.[rilis/joni]