Tingkatkan Imunitas, Puskesmas Lasung Jalankan Program Germas

Tingkatkan Imunitas, Puskesmas Lasung Jalankan Program Germas

GERMAS menjadi salah satu program meningkatkan imunitas tubuh, termasuk di masa pandemi.| foto : joni

BATULICIN - Senam yang dilakukan siswa SDN Karang Sari menandai program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan, Kamis (31/3/2022). Di daerah ini, program Germas dijalankan Puskesmas Lasung.

Kepala Puskesmas Lasung, Rosyidah mengatakan, Germas merupakan program Puskesmas Lasung yang dilaksanakan setahun dua kali oleh semua bidan di setiap sekolah di Kecamatan Kusan Hulu.

"Germas hari ini dimulai dengan senam bersama yang kemudian usai senam dilanjutkan dengan makan buah dan sayur yang sudah disiapkan oleh bidan desa atau sekolah masing-masing," tuturnya.

Setelah senam, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, seperti gula darah, kolesterol dan asam urat. Sementara untuk anak sekolah hanya dilakukan pemeriksaan tinggi badan dan berat badan.

Rosyidah menjelaskan, Germas ini adalah salah satu program meningkatkan imunitas tubuh, terutama dalam masa pandemi. Masyarakat dan anak diajak untuk melakukan aktivitas fisik sambil berjemur untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Terakhir, dilaksanakan penyuluhan kesehatan sesuai keperluan, misalnya menjelang musim pancaroba antara musim hujan atau musim panas, satu di antaranya antisipasi demam berdarah. Juga penyuluhan waspada Covid-19 dengan memakai masker, cuci tangan, jaga jarak.

"Jadi Germas ini sudah berjalan kurang lebih satu bulan di awal Maret 2022 dan hari ini Germas dilaksanakan di SDN Karangsari dan sisanya untuk sekolah-sekolah setelah lebaran nanti," tutup Rosyidah.[joni]



Lebih baru Lebih lama