Disdik Kapuas Perkuat Pendidikan Karakter melalui Pesentren Ramadan

KEPALA Disduk Kapuas, H Suwarno Muriyat.| foto : dokumen

KUALA KAPUAS - Di era saat ini sekolah dituntut tidak hanya mengedepankan aspek akademis dalam pembelajaran, tetapi juga memperhatikan aspek akhlak dan moral. 

Bulan suci Ramadan, menjadi momentum penting bagi sekolah di Kabupaten Kapuas sebagai media pendidikan penguatan pendidikan karakter.

"Melalui pembiasaan dan kegiatan religius seperti Pesantren Ramadan, diharapkan peserta didik semakin kuat keimanan dan ketakwaannya, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, berkebinekaan global, bergotong royong, dan kreatif," kata 
Kepala Disdik Kapuas, Dr H Suwarno Muriyat, Minggu (24/4/2022).

Ia menyampaikan pelaksanaan pesantren Ramadan pada satuan pendidikan dasar, yakni TK, SD dan SMP disesuaikan dengan kondisi sekolah setempat.

"Hampir seluruh TK, SD dan SMP se-Kabupaten Kapuas memanfaatkan momentum bulan Ramadan 1443 Hijriah ini dengan menggelar PPK dalam bentuk Pesantren Ramadan bagi yang beragama Islam," kata Kadisdik, Minggu (23/4/2022).

Lanjutnya, kegiatan itu dikoordinir oleh 17 korwil bidang pendidikan kecamatan se Kabupaten Kapuas maupun oleh kepala sekolah secara mandiri di sekolahnya masing-masing.

“Dalam satu waktu yang bersamaan pada satuan pendidikan digelar pula kegiatan keagamaan bagi siswa yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, Kaharingan dan Budha dengan pemateri oleh Guru Agama atau narasumber yang berkompeten sesuai dengan ajaran agama masing-masing,” jelas Suwarno.

Suwarno menambahkan, jika PPK dilaksanakan secara bervariasi baik metode, strategi maupun jumlah waktunya tiap satuan pendidikan yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter.[tommy]