Portal Jembatan Paringin akan Dibuka dalam Waktu Dekat

Portal Jembatan Paringin akan Dibuka dalam Waktu Dekat

KASATLANTAS Polres Balangan, AKP Imam Suryana bersama Ketua Komisi III DRPD Kabupaten Balangan, Hafiz Ansyari memberikan keterangan kepada wartawan terkait rencana pembukaan portal Jembatan Paringin.| foto : martino

PARINGIN - Para pengguna jalan dalam waktu dekat bisa melintasi Jembatan Paringin menyusul rencana pembukaan portal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Balangan H Ahmad Ghazali Al Fattah mengatakan pihaknya masih menunggu alat untuk bisa membuka portal jembatan tersebut.

"Dinas PUPR tidak punya alat untuk membuka portal. Jadi mereka minta waktu beberapa hari ini mencari alat yang bisa dipinjam untuk membuka portal. Sebetulnya kami maunya secepatnya bisa dibongkar sesuai dengan arahan Bupati Balangan H Abdul Hadi. Beliau juga meminta sesegeranya dibuka portal Jembatan Paringin,” ungkapnya usai menghadiri rapat koordinasi terkait pembukaan portal Jembatan Paringin di Kantor Dinas Perhubungan Balangan, Rabu (6/4/2022).

Rapat koordinasi sendiri digelar Pemerintah Kabupaten Balangan menindaklanjuti hasil rapat di tingkat Provinsi Kalsel yang diadakan di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin terkait pencabutan pembatas atau portal jembatan Paringin. 

Rapat tingkat kabupaten ini dihadiri Dinas Perhubungan, PUPR, Satuan Lalu Lintas, Komisi III DPRD, Asisten III Setda, dan Satpol PP.

“Hari ini sebagai tindak lanjutnya. Kami bawa lagi rapat ke tingkat daerah dan hari ini ada kesepakatan artinya hasil keputusan hasil rapat pada hari ini terkait dengan pembukaan portal Jembatan Paringin,” ujarnya.

Kasatlantas Polres Balangan, AKP Imam Suryana yang turut hadir dalam rapat koordinasi ini mengungkapkan akan melaksanakan rapat kedua yang akan mengundang stakeholder lain seperti pemilik armada, Organda maupun dari PT Conch.

“Kita akan mengundang mereka di rapat kedua yang nanti akan kita sampaikan tentang bagaimana regulasi terhadap jalan yang ada terutama Jembatan Paringin,” paparnya.

Selanjutnya terkait ruas jalan yang mengalami kerusakan atau amblas di dekat SMKN 1 Paringin, tepatnya di Batu Piring, AKP Imam menyebut akan turut mengundang pihak Balai Jalan Provinsi karena mereka berwenang untuk memperbaiki lantaran status jalan yang ruasak tersebut adalah jalan nasional.

“Kita akan minta dengar pendapat mereka bagaimana penanganan jalan yang ada di depan SMK. Nanti akan kita lakukan contraflow. Untuk saat ini kita sudah lakukan contraflow dengan armada yang cukup berat apakah mampu untuk dilewati atau tidak. Nanti kita juga akan mendengarkan pendapat mereka dan juga nanti akan didengar oleh pihak armada maupun Organda. Jadi bukan kita yang memutuskan,” terang Kasatlantas.

Menurutnya, berdasarkan hasil rapat, portal Jembatan Paringin dalam waktu dekat akan segera dibongkar.

Sementara itu, Ketua Komisi III DRPD Kabupaten Balangan, Hafiz Ansyari akan melakukan sosilasasi dan menghubungi pihak-pihak terkait tentang pelepasan portal jembatan tersebut.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi itu tonase armada angkutan nantinya bisa diatur agar Jembatan Paringin ini bisa awet atau berumur panjang.

“Mungkin itu harapan kita bersama dan ini mengurai kemacetan yang terjadi selama ini dan kami apresiasi pihak balai jalan menanggapi kemarin usulan kita untuk membuka portal itu secepatnya. Untuk penentuan jam mobil tonase besar itu tidak ada, akan tetapi akan diatur nantinya bagiamana jalannya agar tidak berbarengan,” pungkasnya.[martino]


Lebih baru Lebih lama