Gali Arsip Bernilai Sejarah, Dispersip Tanbu segera Kunjungi semua Kecamatan

WARTAWAN grapena.com (memperlihatkan buku) bersama Kepala Dispersip Yulia Rahmadani, S.Pd MM dan Sekretarisnya, Muhammad Saleh.| foto : joni

BATULICIN - Penggalian arsip bersejarah mulai dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan ke semua Kecamatan yang ada di Bumi Bersujud.

Agenda ini ditandai Dispersip Tanbu dengan menggelar kegiatan bertajuk Akuisisi Arsip Statis di Kecamatan Batulicin pada Senin 23 Mei 2022 mendatang.

Kegiatan itu seperti diungkapkan Kepala Dinas Dispersip Tanbu, Yulia Rahmadani S.Pd, MM melalui Sekretarisnya Muhammad Saleh, didampingi Kabid Kearsipan, Hj. Noryana kepada wartawan grapena.com di Kantor Dispersip Tanbu, Jumat (20/5/2022).

Noryana mengatakan, sebelumnya rapat akuisisi sudah dilaksanakan pada Februari 2022 lalu, tepatnya terkait arsip statis yang ada di lingkup Kecamatan di Pemkab Tanah Bumbu. 

"Kami pada saat rapat itu mengundang Kasubag Umpeg dan pengelola arsipnya. Di dalam rapat, kami memberikan penjelasan apa sih Akuisisi itu? Hasil dari penjelasan kami bahwa Dispersip turun untuk menggali arsip-arsip yang bernilai sejarah," jelas Noryana.

Dispersip, lanjutnya, juga meminta kepada pihak Kecamatan untuk membuat daftar arsipnya dan kemudian pihaknya juga menyurat. Ini karena Dispersip akan melakukan akuisisi arsip dangan turun ke lapangan.

"Minggu depan kami ada jadwal melaksanakan Akuisisi di Kecamatan Angsana dan kami akan turun menggali semua arsip bersejarah yang ada di semua Kecamatan, dengan bertanya serta penelusuran melihat arsip statiknya yang dibantu oleh pengelola arsip Kecamatan dengan harapan bisa bertemu dengan tokoh sejarah yang bersangkutan," pungkas Noryana.[joni]