Layanan Home Care Gratis Tersedia di 12 Kecamatan di Kabupaten Balangan

PLT Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, H Ahmad Sauki.| foto : martino

PARINGIN - Layanan kesehatan andalan Pemerintah Kabupaten Balangan yakni Home Care kini sudah tersedia di 12 Kecamatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, H Ahmad Sauki menjelaskan, masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik dan tidak mampu untuk datang ke Puskesmas, seperti lansia, disabilitas, Pasien Rujuk Balik (PRB) penderita hipertensi, diabetes serta stroke bisa mendapatkan layanan pengobatan di rumah. 
 
"12 Puskesmas Kabupaten Balangan telah melaksanakan kegiatan Home Care. Secara teknis ada beberapa Puskesmas yang telah menonjol kegiatannya. Yang kurang menonjol mungkin dikarenakan kesibukan mereka, misalnya mereka masih sibuk melaksanakan kegiatan vaksinasi. 12 Puskesmas sudah berjalan, namun untuk saat ini yang aktif melaporkan yakni Puskesmas Batumandi, Puskesmas Juai dan Puskesmas Tebing Tinggi," paparnya saat ditemui grapena.com di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Rabu (11/05/2022).

H Ahmad Sauki menjelaskan, Puskesmas Batumandi memang dari awal sudah aktif melaksanakan layanan Home Care dan mereka melaporkan sudah melayani 100 pasien.

Dia mengungkapkan, Bupati Balangan, H Abdul Hadi mendukung penuh program layanan kesehatan ini dengan berencana menyerahkan enam unit mobil operasional Home Care untuk dokter dan petugas medis tahun 2022 ini serta 6 unit lagi pada tahun 2023.

Teknisnya, kata dia, setiap Puskesmas sudah membentuk tim untuk mendata, sementara masyarakat bisa melaporkan warganya yang sakit kepada perangkat desa atau bidan setempat atau bisa juga melalui keluarga pasien ke puskesmas.

Setelah dilaporkan, tim Home Care akan datang ke rumah pasien tanpa dipungut biaya atau gratis.

"Rata-rata kita memiliki 2 orang dokter dalam 1 Puskesmas. 1 dokter standby di Puskesmas dan 1 dokter yang melaksanakan layanan Home Care, dan itu dilaksanakan secara bergantian," tutupnya.[martino]