Pemkab Kapuas dan Kemenag Gelar Rakor Persiapkan Pemberangkatan Calhaj

SUASANA Rakor persiapan pemberangkatan jemaah haji Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Setelah sempat tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19,  calon jemaah haji atau calhaj dari Kabupaten Kapuas akhirnya dipastikan siap diberangkatkan pada musim haji tahun 1443 H/2022 M.

Guna melakukan persiapan untuk pemberangkatan itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas  bersama Kantor Kemenang setempat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pemberangkatan, Kamis (19/5/2022).

Rapat yang digelar di  ruang rapat Kantor Bupati Kapuas itu dipimpin Asisten I Pemerintahan Kesra, Ilham Anwar, dan dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas, H Hamidhan, Kabagops Polres Kapuas, Kompol Edia Suta Ata, dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Setda Kapuas, unsur Forkopimda serta pihak terkait lain.

Ilham Anwar menyampaikan, Pemkab Kapuas siap membantu fasilitasi keberangkatan calon jemaah haji Kapuas.

"Maka rapat ini juga untuk saling  berkoordinasi terkait dengan kesiapan dan pelaksanaan untuk keberangkatan jemaah calon haji agar terlaksana dengan baik dan matang," kata mantan Kadisdik Kapuas itu.

“Dengan bersama-sama kita berkomitmen tinggi untuk kesiapan keberangkatan haji tahun 2022 ini. Kecepatan dan kecermatan dalam persiapan penyelenggaraan haji harus dilakukan agar dapat berjalan lancar,” kata Ilham.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas, H Hamidhan memaparkan beberapa hal terkait kesiapan.

"Untuk jumlah jemaah haji sebanyak 176 orang," sebut Hamidhan.

Kemudian untuk jadwal pembukaan dengan memulai kegiatan manasik pada tanggal 30 dan 31 Mei berlanjut sampai tanggal 1 sampai 4 Juni 2022.

“Untuk pola keberangkatan jemaah haji nantinya dibagi dalam beberapa regu yang mana rombongan itu memuat sekitar 45 orang dengan satu rombongan," katanya.

"Kemudian, nanti bisa ada 4 regu di dalamnya, ini guna memudahkan mobilasisasi perjalanan,” tutur H. Hamidhan.

Ditambahkan, untuk lokasi keberangkatan dan penjemputan jemaah haji nantinya akan mengambil lokasi di halaman Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kuala Kapuas, sebagaimana juga dilakukan sebelumnya.[tm/advetorial]