Persiapan Pelaksanaan MTQ XV di Balangan Mulai Dirampungkan

SEJUMLAH pekerja membangun panggung utama untuk pelaksanaan MTQ Nasional XV di depan Masjid Al Akbar Balangan.| foto : martino

PARINGIN - Panitia Festival Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XV Tingkat Kabupaten Balangan di Kecamatan Paringin Selatan, mulai merampungkan sejumlah persiapan pelaksanaan kegiatan.

“Alhamdulillah persiapannya sudah lumayan banyak mulai dari persiapan seksi lomba sampai dengan seksi perlengkapan dan juga lain sebagainya sudah dalam tahap selesai jadi mudah-mudahan nanti kegiatannya berjalan dengan lancar,” ujar Camat Paringin Selatan, Renny Yudithesia saat ditemui di kantornya, Jumat (13/5/2022). 

Untuk tempat pelaksanaan, lanjutnya, terbagi di beberapa tempat. Tapi untuk panggung utama berada di depan Masjid Al Akbar Balangan dan untuk tempat lomba yang lain ada di sejumlah sekolah, masjid, sampai dengan musholla di sekitar Kelurahan Batu Piring. 

“Kalau untuk sumber dananya itu adalah dari dana hibah Pemkab Balangan dan juga untuk dana hadiah dari bantuan CSR Adaro. Untuk persiapan sudah sekitar 75 persen dengan perkiraan total peserta 200 orang dari 8 Kecamatan,” tuturnya. 

Adapun lomba yang dilaksanakan dalam MTQ Nasional XV Tingkat Kabupaten Balangan ini antara lain, tilawah, fahmil, tartil, qira'at, syarhil, tahfizh, makalah qur'an, dan khat.

“Ada 8 lomba dan beberapa lomba ada kategori misalnya di lomba tilawah itu ada untuk kategori dewasa, remaja, anak-anak, dan cacat netra,” sebutnya. 

Ia berharap pelaksanaan MTQ ini akan menambah semarak Islam di Kabupaten Balangan dan menjadi motivasi untuk generasi Al-Qur'an untuk lebih semangat dalam mempelajari Al-Qur'an lebih giat lagi.

“Dan juga yang utama adalah kegiatan MTQ ini merupakan syiar Islam. Jadi mudah-mudahan dengan adanya kegiatan MTQ ini akan memajukan syiar Islam di Kabupaten Balangan,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, MTQ Nasional XV tingkat Kabupaten Balangan ini akan diselenggarakan selama tiga hari, dari tanggal 20 Mei sampai dengan 22 Mei 2022 di Kecamatan Paringin Selatan.[martino]