Respon Cepat, Dinsos Kapuas Salurkan Bantuan Korban Musibah Puting Beliung

KEPALA Dinsos Kapuas, Budi Kurniawan, saat menyerahkan bantuan korban musibah puting beliung.| foto : dinsoskps

KUALA KAPUAS - Musibah angin puting beliung yang terjadi di Handil Cempaka Desa Anjir Serapat Timur Km 13,  Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalteng pada Jumat, 6 Mei 2022 siang, langsung direspon Dinas Sosial (Dinsos) setempat dengan menyalurkan bantuan kepada sejumlah korban terdampak.

Bantuan tanggap darurat diserahkan langsung oleh Kepala Dinsos Kapuas, Budi Kurniawan bersama relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) kel lokasi kejadian, Sabtu (7/5/2022).

“Selaku Kepala Dinas Sosial dan mewakili pemerintah daerah, kami berharap semoga warga terdampak bisa segera pulih dan dapat berfungsi sosial kembali,” kata Budi Kurniawan. 

Bantuan yang disalurkan berupa bahan makanan, sandang, matras, kidsware dan family ware. 

Menurutnya, untuk sementara didirikan tenda keluarga di lokasi khususnya bagi korban yang tidak memiliki keluarga atau lokasi tinggal keluarganya jauh dari lokasi terjadinya musibah angin puting  beliung tersebut.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalteng menyebutkan, akibat kejadian tersebut ada 13 unit rumah rusak, 6 rusak berat dan 7 unit rusak sedang.

Untuk korban terdampak sebanyak 16 Kepala Keluarga dan 48 jiwa.

Dalam kejadian tersebut 3 orang mengalami luka-luka dan sudah mendapatkan perawatan medis.[tommy/adv]