Sudahkah TV Anda Digital? Ini Cara Ceknya

DIGITAL - Inilah siaran digital yang menghasilkan kualitas gambar lebih bersih dan suara lebih jernih yang bisa dinikmati pemirsa televisi, termasuk beragam pilihan, seperti TVRI World.| foto : istimewa

BANJARMASIN – Pemerintah Indonesia mulai melakukan pengalihan siaran televisi analog menuju siaran televisi digital, atau dikenal dengan Analog Switch Off (ASO) tahap satu pada 30 April 2022 lalu.

Pemberlakuan Analog Switch Off sendiri dilakukan melalui tiga tahap, yakni tahap pertama telah berlangsung pada 30 April 2022, tahap kedua akan berlangsung pada 25 Agustus, sementara tahap ketiga dijadwalkan pada 2 November 2022 mendatang.

Namun, sampai 2 November 2022 mendatang, masyarakat masih bisa menikmati siaran analog, tetapi sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antenna di rumah dari siaran analog ke digital.

Siaran televisi digital memanfaatkan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi yang akan menghadirkan kualitas gambar secara lebih bersih dan suara yang lebih jernih.

Tak hanya televisi digital, sinyal siaran digital juga bisa ditangkap oleh TV analog melalui bantuan dari instalasi Set Top Box (STB), yang rencananya akan didistribusikan secara gratis kepada masyarakat yang masuk ke daftar rumah tangga miskin.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli Set Top Box (STB) ada baiknya untuk mengetahui apakah televisi sudah digital atau masih analog. 

Berikut cara cek televisi sudah digital atau belum seperti dikutip melalui laman resmi Kominfo.
Cara cek televisi sudah digital atau masih analog :
1. Kunjungi halaman resmi kominfo, https://siarandigital.kominfo.go.id/ 
2. Ketuk menu “Perangkat TV Digital” 
3. Klik menu “Pilih Kategori”
4. Klik “Televisi”
5. Masukkan merk dan tipe televisi Anda
6. Jika televisi Anda sudah digital, maka akan muncul informasi merk dan tipe televisi yang Anda masukkan.
7. Namun jika informasi televisi yang Anda masukkan tidak muncul, dan ditemukan keterangan “Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat” tandanya televisi Anda masih televisi Analog dan memerlukan STB.[ana]