Tebar 10 Ribu Bibit Ikan Betok, Camat Juai Minta Warga Desa Ikut Awasi Aksi Ilegal Fishing

CAMAT Juai, Nanan Edwar menebar bibit ikan betok di peraian Desa Hukai, Kecamatan Juai.| foto : martino

PARINGIN - Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Balangan diminta untuk ikut mengawasi aksi penangkapan ikan secara ilegal atau ilegal fishing pada masing-masing daerah.

Harapan ini dikemukakan Camat Juai, Nanang Edward ketika melepaskan secara simbolis 10 ribu bibit ikan betok di perairan Desa Hukai, Kecamatan Juai, Rabu (25/5/2022).
 
“Untuk pengawasan diharapkan pemerintah desa bisa menerbitkan peraturan desa tentang kelestarian lingkungan desa, termasuk tentang aturan menjaga wilayah perairan di desa khususnya di Kecamatan Juai,” katanya.

Nanang berharap masyarakat bisa melestarikan lingkungan dan bisa menjaga perairan bersama Pokmaswas yang dibentuk Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan serta bersama-sama mengawasi penangkapan ikan dengan cara ilegal fishing serta bisa meningkatkan produksi ikan untuk kebutuhan masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, kegiatan pelepasan bibit ikan ini digelar untuk menambah stok bibit ikan di perairan wilayah Balangan, mencukupi kebutuhan ikan serta menjaga kelestarian lingkungan di Bumi Sanggam.

Nanang mengatakan, bibit ikan ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan.

“Kegiatan restocking ikan lokal jenis betok ini dilaksanakan di kawasan perairan umum melalui dana APBD Kabupaten Balangan tahun 2022,” katanya.[martino]