PPM Balangan Gelar Muscab dan Halal Bihalal Bersama Keluarga Besar Veteran Balangan

PEMUDA Panca Marga dan Keluarga Besar Veteran Kabupaten Balangan menghadiri acara halal bihalal di Gedung Juang.| foto : martino

PARINGIN - Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Balangan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) sekaligus Halal Bihalal bersama Keluarga Besar Veteran Kabupaten Balangan di Aula Gedung Juang, Rabu (25/05/2022).

Acara yang dihadiri Bupati Balangan H Abdul Hadi yang diwakili Assisten 2 Setda Rody Rahmady Noor, Dandim 1001 HSU/BLG Letkol Aldin Hadi, Wakapolres Balangan, Kompol Dany Sulistiono serta keluarga besar PPM Provinsi dan Kabupaten tetangga.

Muscab merupakan agenda rutin yang dilakukan 1 tahun sekali demi menjaga efektivitas kinerja kepengurusan organisasi.

Ketua DPC Balangan Riduan Darlan mengatakan, kegiatan PPM tidak hanya berfokus pada seremoni, tapi juga bergerak dalam membantu pemerintah dan masyarakat.

"Kita berupaya untuk selalu berpartisipasi untuk membantu pembangunan di Pemda dan sosial masyarakat Balangan," ujarnya.

Pihaknya akan membantu menjalankan program-program yang telah dilaksanakan PPM di antaranya program menyiapkan lahan untuk makam pahlawan dan makam bahagia bekerjasama dengan pemerintah daerah serta pembenahan dan perawatan makam-makan pahlawan lainnya yang ada di Kabupaten Balangan karena ada makam Temenggung Jalil. 

Selain program pembenahan makam pahlawan, PPM juga sudah membentuk koperasi bernama Hevia dan sudah berjalan selama 3 tahun. 

Koperasi tersebut bergerak di bidang karet dan tiap kecamatan akan dibentuk semacam primer koperasi karet yang mengumpulkan dari masyarakat dan akan dijual ke pusat koperasi yang ada di Balangan sehingga para tengkulak tidak bisa mempermainkan harga pasaran karet. 

“Selain karet, koperasi juga bergerak di bidang peternakan yakni peternakan ayam dan sapi,” jelas Riduan Darlan.

Dalam kegiatan ini, PPM Kabupaten Balangan juga melakukan pemilihan ketua baru periode 2022-2026.

Terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PPM Kabupaten Balangan yang baru Syaiful Arief.

Syaiful Arief didukung pengurus dan anggota PPM dari 8 kecamatan untuk melanjutkan program Pemuda Panca Marga periode 2022-2026.

Riduan berharap kepada Syaiful Arief bisa meneruskan program-program PPM yang sudah berjalan selama ini, selalu jaga kekompakan dan menjalin silatarahmi dan bersama-sama untuk membangun Balangan dan berusaha membantu program pemerintah dan TNI.

Asisten 2 Setda Balangan, Rody Rahmady Noor percaya dan yakin bahwa PPM mempunyai SDM yang mampu menunjukkan eksistensinya dalam membantu pembangunan di Kabupaten Balangan.

"Jika Ormas menunjukkan eksistensinya, maka mempunyai konsekuensi untuk membuktikan kinerjanya dengan mempunyai jiwa dan semangat patriotisme," tambahnya.

Sementara itu, Ketua baru PPM Balangan, Syaiful Arief berjanji akan meneruskan program-program PPM terdahulu dan akan mengembangkan program sesuai visi misi yang sudah disampaikan.

“Saya juga akan membentuk ranting-ranting di tiap kecamatan untuk melaksanakan program tersebut sehingga pada nantinya program tersebut bisa terlaksana sesuai harapan,” sebutnya.[martino]