Wabup Kapuas Ikuti Rakor Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H

WAKIL Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor ikuti Rakor persiapan penyelenggaraan ibadah haji yang digelar Pemprov Kalteng.| foto : diskominfokps

PALANGKA RAYA - Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor bersama Bagian Kesra Setda Kabupaten Kapuas dan pejabat Kementerian Agama Kapuas mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan penyelenggaraan ibadah haji, Senin (30/5/2022).

Rakor yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut berlangsung di aula Eka Hapakat Komplek Kantor Gubernur Kalteng, di Kota Palangka Raya.

Turut mendampingi, Wabub Kapuas Asisten I Pemerintahan dan Kesra Daerah Ilham Anwar, Kabag Kesra Setda Riduanto dan Pejabat Kemenag Kabupaten Kapuas.

Dalam Rakor, Wakil Bupati Kapuas juga menyampaikan Pemkab Kapuas akan menyiapkan dukungan transportasi dan akomodasi bagi Jamaah Calon Haji daerahnya, serta mempersiapkan keberangkatan dan kepulangan sebaik mungkin.

"Jemaah calon haji Kabupaten Kapuas total ada 178 orang terdiri 85 orang laki-laki dan 98 orang perempuan," katanya.

Lanjut Wabub, adapun untuk pelaksanaan bimbingan manasik haji, JCH Kapuas dilaksanakan 30 hingga 31 Mei 2022 untuk tingkat kabupaten, kemudian,manasik tingkat kecamatan dilaksanakan tanggal 1 hingga 4 Juni 2022.

"Dari jumlah jemaah tersebut telah melakukan konfirmasi pelunasan serta telah melakukan vaksin lengkap, ada beberapa orang yang masih belum melakukan Vaksin Booster dan ini akan dirampungkan," papar Wabup.

Untuk pelepasan dan keberangkatan JCH dipusatkan di halaman Masjid Agung Al Mukarram Kuala Kapuas, pada Sabtu 18 Juni 2022.

"Rombongan jemaah  nantinya menuju asrama haji Embarkasi Banjarmasin dengan 6 armasa bus," tambahnya.

Kepala Kantor Kemenag Kapuas H Hamidhan, sebelumnya menyampaikan sesuai jadwal jemaah calon haji Kapuas akan diberangkatkan, Minggu, 19 juni 2022 pukul 15.50 Wita langsung ke Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah, Saudi Arabia.

Untuk pengantaran maupun pengambilan tas koper jamaah serta pengambilan air zam-zam nantinya menggunakan truk sesuai hasil koordinasi.

Jemaah haji Kabupaten Kapuas  tergabung dalam kloter 6 BDJ bersama dengan Kabupaten Barito Utara, Murung Raya, Sukamara, Seruyan, Katingan dan Barito Timur.[tommy/adv]