Lestarikan Kearifan Lokal Disdik dan Disbudpora Gelar Pelatihan Anyaman Tradisional

PELATIHAN anyaman tradisonal rotan/purun di Kuala Kapuas.| foto : disbudporakps

KUALA KAPUAS - Dinas Pendidikan (Disdik)  berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas serta Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kapuas Hilir menggelar kegiatan pelatihan anyaman rotan/purun. Selain itu, juga dilaksanakan pelatihan Kuntau, yakni seni beladiri tradisional khas suka Dayak, Senin 31 Mei 2022.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di rumah Betang Manggatang Utus Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir dan diikuti oleh 150 Peserta dari guru-guru Sekolah Dasar Kecamatan Kapuas Hilir.

Sementara untuk seni bela diri diikuti para pelaku budaya Perkumpulan Silat Kuntau Dayak Haur Bahenda, Komunitas Guru Penggerak dan Jagau Linga Bawi Kameluh Pariwisata.

Kepala Disdik Kapuas H Suwarno Muriyat  menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk pelestarian kearifan lokal tingkat sekolah dasar (SD).

“Sinergitas kolaborasi dalam melestarikan kearifan lokal budaya melalui pendidikan formal untuk mewujudkan Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas menjadi salah satu basis pengembangan Sektor Kepariwisataan yang kuat dengan akar tradisi dan budaya,” kata Suwarno, Kamis (1/6/2022).

Sebelumnya, Kepala Seksi Kepariwisataan Disbudpora Kabupaten Kapuas Erliansyah mengatakan kegiatan tersebut menjadi program tiap sekolah di Kecamatan Kapuas Hilir untuk diajarkan kembali kepada peserta didik secara rutin dan karya kreatif siswa nantinya akan diseleksi untuk dipromosikan dan dipasarkan di Pusat Ole-Ole Kapuas agar bernilai ekonomis.

“Semoga kearifan lokal budaya terus lestari melalui pendidikan formal maupun non formal. Perlunya sinergitas kolaborasi lintas sektor dalam menggerakkan upaya pelestarian warisan leluhur sebagai penguatan wisata budaya di Kabupaten Kapuas,” ungkap Erliansyah.[tommy]