Obati Rindu Dunia Perkemahan, Jambore Cabang Balangan Digelar

Obati Rindu Dunia Perkemahan, Jambore Cabang Balangan Digelar

KETUA Kwarcab Balangan, Sri Huryati Hadi menyampaikan sambutan di Jambore Cabang Balangan 2022.|foto: Martino

PARINGIN - Setelah beberapa waktu lalu dilantik sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kawarcab) Pramuka Kabupaten Balangan, Sri Huryati Hadi langsung bergerak dengan melaksanakan Jambore Cabang Balangan tahun 2022.

Acara diselenggarakan di Lapangan Sepakbola Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan, Sabtu (4/6/2022).

Dikatakan Sri, Jambore Pramuka penggalang merupakan kegiatan peserta penggalang lima tahunan yang berjenjang dari tingkat Kwartir Ranting (kwarran) dengan Nasional. 

Berdasarkan intruksi dari Kwartir Nasional (Kwarnas) dan Kwartir Daerah (Kwarda) agar melaksanakan Jambore Cabang dengan sesederhana mungkin, mengurangi kegiatan dan mengurangi jumlah peserta jambore biasanya, bahkan ujarnya dibeberapa daerah tidak melaksanakan sama sekali.

"Tetapi kita di Balangan, alhamdulillah tatap bisa melaksanakan. Bahkan saya menilai pelaksanaan Jambore ini bisa mengobati rasa rindu perkemahan yang sudah lama tidak bisa dilaksanakan, baik oleh peserta maupun Bina Damping dan sesepuh kepramukaan kita di Balangan," ungkapnya.

Lebih lanjut istri orang nomor satu di Bumi Sanggam ini mengatakan, jika tahun ini disiapkan kegiatan pesertanya penggalang sampai ke nasional, maka di tahun depan juga akan menyiapkan diri untuk mengikuti dan menyelenggarakan latihan tingkat untuk siswa penggalang dan kegiatan pesertanya penegak melalui kegiatan Raimuna baik dari tingkat Cabang, Daerah sampai Nasional.

"Tahun depan kita akan lebih menyiapkan diri lagi untuk kegiatan berikutnya," tambahnya.

Jambore ini adalah rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan sebagai sarana pembinaan Pramuka penggalang yang menitikberatkan pada kegaitan Persaudaraan, Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia (SDM), Prestasi demi kerukunan dan perdamaian. 

Pada kesempatan ini, dirinya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Ketua Kwarran Tebing Tinggi beserta jajaran yang sudah mau berkolaborasi dengan Kwarcab Balangan untuk melaksanakan Jambore ini dan sangat luar biasa dalam pelaksanaannya.

"Terima kasih untuk Ketua Kwarran Tebing Tinggi dan jajaran sudah berkolaborasi dengan Kwarcab Balangan," tuturnya.
 
Sri berpesan kepada Mabiran atau para Pembina Kwartir Ranting (Kwarran), yakni para camat dan ketua Kwaran sebalangan agar mempersiapkan diri untuk menghadapi kegiatan-kegiatan Pramuka di tingkat Daerah, Provinsi maupun Nasional.

"Jadi mohon untuk Mabiran dan ketua Kwaran untuk juga terus menyiapkan, menyemangati dan mensupport kegiatan-kegiatan Pramuka di wilayahnya masing-masing agar dapat menghasilkan kader-kader Pramuka mempuni dan Pramuka Garuda yang merupakan syarat mengikuti kegiatan Daerah dan Nasional," pungkasnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama